Beberapa Pertanyaan yang dapat Diajukan Para Pencari Kerja | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Beberapa Pertanyaan yang dapat Diajukan Para Pencari Kerja

471 kali dilihat

Dalam proses wawancara, banyak pencari kerja yang terlalu fokus menjawab pertanyaan untuk meyakinkan pewawancara bahwa mereka adalah kandidat terbaik. Alhasil, mereka lupa bahwa mengajukan pertanyaan pada employer juga tak kalah pentingnya, bahkan kandidat yang mengajukan pertanyaan saat wawancara justru memiliki kesempatan lebih besar untuk lolos, Hijabers.

Apakah bisa memberi saya contoh tugas yang akan saya kerjakan di perusahaan ini nanti?

Pertanyaan ini menunjukkan kamu ingin tahu lebih banyak tentang pekerjaanmu. Jawaban yang kamu dapatkan mungkin bisa membuatmu memikirkan kembali apakah kemampuanmu sesuai dengan yang perusahaanmu butuhkan.

Bisakah menceritakan sedikit tentang tim yang akan bekerja sama dengan saya?

Ini merupakan pertanyaan bagus yang akan membuka diskusi tentang bagaimana kamu berkontribusi dengan tim. Jawaban yang diberikan bisa membantumu memahami budaya kerja di tempat baru itu.

Apa tantangan terbesar yang dihadapi para karyawan, dan apakah saya berada dalam posisi untuk membantu Anda mengatasi kesulitan itu?

Pertanyaan ini nggak hanya menunjukkan kalau kamu berpikir untuk membantu tim, tapi juga mendorong pewawancara untuk membayangkan jika kamu berada di posisi tersebut.

Menurut Anda, apa keterampilan saya yang bisa digunakan untuk menghadapi tantangan di perusahaan ini?

Pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu memiliki persiapan yang matang dan percaya diri dengan kemampuan diri sendiri. Pewawancara juga akan tertarik dan merasa tertantang untuk melihat hasil kerjamu nanti.

Apakah posisi ini sudah lama ada, dan siapa yang sebelumnya mengisi?

Beberapa orang mungkin ingin “mencari aman”, nggak ingin terlihat menjengkelkan dengan mengajukan pertanyaan tajam saat wawancara. Namun pertanyaan ini bermanfaat untuk mengetahui sejarah posisi yang kamu inginkan.

Apakah ada pelatihan karier atau training profesional yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan?

Jika jawabannya “nggak”, kamu perlu mempertimbangkan lagi jika ingin berkarier di perusahaan yang nggak mendukung karyawannya berkembang. Jika jawabannya “ya”, kamu memiliki kemungkinan untuk maju bersama perusahaan. Sedangkan bagi pewawancara, pertanyaanmu menunjukkan ketertarikan untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan mempelajari hal baru. 

Apa proses selanjutnya yang akan saya lewati?

Jadikan ini sebagai pertanyaan terakhir yang kamu sampaikan untuk menunjukkan ketertarikanmu melanjutkan proses penerimaan karyawan baru. Secara nggak langsung, kamu juga mengundang pewawancara untuk memberitahu ada berapa banyak kandidat yang sedang menjalani proses wawancara.

Semoga tips ini membantu kamu para Hijabers yang sedang mencari pekerjaan di luar sana. Good luck.



RELATED ARTICLE