Cermati Keuanganmu itu, Harus! | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Cermati Keuanganmu itu, Harus!

562 kali dilihat

Bulan Ramadan sudah lewat, di bulan Ramadhan kemarin selain membawa berkah, juga mempererat silaturahmi antar sesama dalam rangkaian kegiatan seperti berbuka bersama. Terbukti dari banyaknya acara buka bersama yang diadakan di sekeliling kita, mulai dari buka bersama keluarga besar, teman kantor, teman kuliah, hinggatakketinggalanbuka bersama teman sekolah. Jadi tidak heran dong jika Hijabers merasa bahwa banyak dana yang harus disiapkan untuk menghadapi banjir undangan buka bersama kemarin.

Sekarang, Hijabers sedang memasuki puasa syawal. Kalau teman Hijabers ada yang mengajak berbuka puasa, Hijabers dapat mengatur siasat keuangan agar bulan ini kamu tidak merasa keteteran dalam mengurus keuangan. Berbuka bersama tidak melulu harus diadakan di tempat-tempat fancy, lho. Banyak tempat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk buka bersama, misalnya dirumah dengan sistem potluck—masing-masing orang membawa makanan atau minuman untuk dinikmati bersama. Jangan lupa, rundingkan apa saja yang akan dibawa untuk menghindari menu sama. Selain hemat, makanan pun jadi lebih beragam dan sehat 

Jika ingin buka puasa bersama di restoran, lebih baik pilih restoran all you can eat. Ini membuat kita bisa memilih bermacam menu sesuai dengan banyaknya peserta. Selain itu, usahakan restoran yang dipilih strategis dan harganya bersahabat. Kamu juga bisa memanfaatkan promo kartu kredit jika ada.

Buka puasa sambil reunian memang seru. Namun hati-hati, Hijabers, jika pengeluaran melebihi anggaran yang disediakan, bisa-bisa kegiatan ini menjebol tabungan mudik atau budget untuk berinvestasi. Bersenang-senang boleh, merencanakan keuangan dengan cermat dan menaati perencanaan itu, harus! Selamat mencoba dan mari atur strategi keuanganmu sejak sekarang.



RELATED ARTICLE