Memerdekakan Keuangan dengan Cara Mudah Berikut | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Memerdekakan Keuangan dengan Cara Mudah Berikut

610 kali dilihat

Seorang konsultan keuangan, J.D Roth, menjelaskan 6 fase yang harus kita lakukan jika ingin meraih kemerdekaan finansial. Apa saja, Hijabers?

  1. Fase pemenuhan kebutuhan

Sudah mampukah kamu memenuhi kewajiban keuangan, terutama kewajiban jangka pendek, termasuk melunasi hutang konsumtif? Kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan atau menjadi pengusaha untuk sampai di fase ini.

  1. Fase stabilitas

Fase stabilitas adalah kondisi saat kamu sudah mampu membayar seluruh utang konsumtif, tapi masih mempunyai tabungan untuk keperluan darurat serta mulai mencoba berinvestasi. Di fase ini, kamu sudah memiliki cashflow yang baik.

  1. Fase agensi

Artinya, kamu sudah benar-benar bebas dari kewajiban bekerja dan utang, baik konsumtif maupun produktif. Memasuki fase ini, Anda mulai dapat memulai rencana untuk jadi individu yang merdeka secara finansial. Sebaiknya mulai miliki rencana keuangan yang dapat mendukung tujuan keuangan Anda.

  1. Fase aman

Fase keempat atau fase aman didapat saat investasimu sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup. Pada tahap ini, kamu sudah nggak perlu lagi bekerja karena kebutuhan dasar sudah terpenuhi.

  1. Fase kemerdekaan

Ini adalah tahap yang menjadi impian banyak orang. Investasimu sudah berkembang dan bisa memenuhi bahkan hingga kebutuhan jangka panjang sekalipun. Kamu bisa bebas menjadi diri sendiri dan melakukan apa pun tanpa memikirkan soal keuangan.

  1. Fase berlimpah

Sesuai namanya, ini adalah fase di mana investasi atau perusahaan yang kamu bangun kian tumbuh dan berkembang. Pada fase ini, kamu bisa fokus beramal dalam kegiatan sosial ataupun mencoba menekuni hal baru untuk membuat hidup lebih berwarna dan bermanfaat bagi orang lain.

Sudah berada di fase manakah kamu saat ini? Yuk, mulai buat rencana keuangan dari sekarang supaya tujuan cepat tercapai!



RELATED ARTICLE