Mengapa Harus Memilih Asuransi Syariah yang Tepat? | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Mengapa Harus Memilih Asuransi Syariah yang Tepat?

716 kali dilihat

Sebagian orang masih bertanya-tanya soal mengapa sebaiknya memilih asuransi syariah. Ini karena memang informasi soal produk asuransi yang satu ini masih begitu minim. Oleh karena itu, kami mencoba menjelaskan beberapa alasannya, Hijabers.

 

Lebih adil

Asuransi syariah membuat masyarakat lebih nyaman karena adanya prinsip tolong-menolong dengan konsep donasi. Bagimu yang membeli asuransi syariah, otomatis ikut mendonasikan sebagian dana untuk membantu nasabah yang terkena musibah. Di sinilah yang menjadi pembeda antara asuransi syariah dan konvensional.

Perjanjian yang transparan

Kalau kamu telaah lebih jauh, sistem dalam asuransi syariah lebih lengkap dan terperinci. Nasabah akan mendapatkan penjelasan secara detail tentang proses dan tata cara produk syariah. Dalam akad, misalnya, manfaat dan risiko asuransi syariah tertera serinci mungkin. Nasabah juga akan diberi penjelasan tentang untung-rugi produk ini sehingga siap menghadapi segala kemungkinan.

Nggak ada dana hilang

Kalau di dalam asuransi konvensional premi menjadi keuntungan perusahaan, nggak demikian dengan asuransi syariah. Dalam asuransi syariah, premi sepenuhnya menjadi milik nasabah. Tanpa izin nasabah, perusahaan asuransi nggak bisa menggunakan dana tersebut, apalagi untuk kegiatan yang sifatnya menguntungkan perusahaan.

Diawasi oleh DPS

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). Badan ini bertugas mengawasi pengelolaan dana yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. DPS akan memastikan semua dana nasabah dialirkan ke saham atau semua sektor usaha halal dan nggak segan-segan memberikan sanksi kepada perusahaan asuransi yang prosesnya menyimpang dari prinsip syariah. Karena itu, nasabah bisa lebih tenang.

 

Bagaimana, Hijabers, masih ada pertanyaan seputar asuransi syariah? Kamu bisa cari tahu disini : http://brighterlife.co.id/2016/04/01/membantu-sesama-lewat-asuransi-syariah/?category-ref=how-to-be-wealthy



RELATED ARTICLE