Mengenal Asuransi Syariah dari Sebuah Sejarah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Mengenal Asuransi Syariah dari Sebuah Sejarah

758 kali dilihat

Sejarah terbentuknya asuransi syariah dimulai sejak 1979 ketika sebuah perusahaan asuransi jiwa di Sudan, yaitu Islamic Insurance Company pertama kali memperkenalkan asuransi syariah. Pada tahun 1992 lahir undang-undang yang mensyaratkan perusahaan asuransi beroperasi dengan prinsip syariah.

diaryhijaber sejarah 1

Di Asia sendiri, asuransi syariah pertama kali diperkenalkan di Malaysia pada tahun 1985 melalui sebuah perusahaan asuransi jiwa bernama Takaful Malaysia setelah sebelumnya Malaysia adalah negara pertama yang memiliki undang-undang tentang asuransi syariah (Takaful Act) pada tahun 1984.

diaryhijaber sejarah 2

Demikian juga halnya dengan Bahrain, sebuah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah, yaitu Takaful International yang berdiri tahun 1986. Regulasi tentang Asuransi Syariah lahir tahun 2005 yaitu ‘The Insurance Rule Book’.

diaryhijaber sejarah 3

Di Indonesia sendiri asuransi syariah ditandai dengan berdirinya asuransi Takaful Keluarga di tahun 1994. Sampai dengan akhir tahun 2012 telah ada lebih dari 43 perusahaan yang memasarkan produk asuransi syariah (umum dan jiwa) baik itu perusahaan asuransi syariah (full fledge)  maupun cabang syariah dari asuransi konvensional.

diaryhijaber sejarah

Hingga saat ini asuransi syariah semakin dikenal luas dan diminati oleh masyarakat dan negara-negara baik muslim maupun non-muslim.



RELATED ARTICLE