Resep Sederhana Membuat Puding Cokelat Karamel | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Resep Sederhana Membuat Puding Cokelat Karamel

766 kali dilihat

Banyak menu yang bisa dicoba untuk memberikan kesegaran saat berbuka puasa, salah satunya puding cokelat karamel ini. Perpaduan cokelat bubuk pahit dan legitnya karamel pasti menghasilkan rasa yang luar biasa.

 

Bahan :

2 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan 2 sdm air matang

Karamel:

150 g gula pasir berbutir halus

225 ml air

Puding:

1,2 l susu evaporasi

200 gr gula pasir

1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk warna putih

1 sdt jeli bubuk warna putih

Saus vanilla, aduk rata, didihkan

300 ml susu cair

100 g gula pasir

1 kuning telur ayam

½ sdt tepung maizena

½ batang vanilla, ambil bijinya

¼ sdt garam

Cara membuat:

Hal pertama yang dibuat yaitu karamel: Masak gula di atas api kecil hingga meleleh dan menjadi karamel. Tuang air, masak kembali caramel sambal aduk perlahan hingga larut. Angkat, sisihkan.

Kemudian untuk pembuatan puding, Hijabers dapat mencampurkan semua bahan, masak di atas api kecil sambil aduk perlahan hingga mendidih. Angkat, bagi menjadi 2 bagian. Lalu Hijabers dapat menuangkan karamel ke dalam 1 bagian puding, masak kembali sambil aduk perlahan hingga rata. Angkat dan sisihkan.

Setelah Hijabers mengangkat kemudian menyisihkan, masukkan larutan pada cokelat ke dalam satu bagian puding lainnya, masak sambil aduk perlahan hingga rata. Kemudian, angkat dan sisihkan kembali. Ini adalah bagian terakhir, ambil satu buah gelas saji volume 200 ml, basahi dengan air matang. Sendokkan ± 2 sdm campuran puding karamel, ratakan. Simpan di dalam lemari es hingga setengah memadat (± 15 menit). Keluarkan. Sendokkan ± 2 sdm campuran puding cokelat, ratakan. Simpan di dalam lemari es hingga setengah memadat (± 15 menit). Keluarkan. Ulangi langkah yang sama untuk lapisan berikutnya hingga gelas hampir penuh. Simpan di dalam lemari es hingga memadat (± 1 jam). Keluarkan.

Sajikan dingin, disertai siraman saus cokelat.

 

Mudah bukan Hijabers? Di sela-sela waktu sibuk atau hari weekend, kumpul seru bersama keluarga sembari membuat puding karamel pun bisa menjadi hal yang menyenangkan. Jangan lupa Hijabers, ingat takaran penggunaannya ya. Semoga artikel ini dapat membantu para Hijabers yang ingin memasak puding karamel. Selamat mencoba.



RELATED ARTICLE