Cerita Dibalik Bisnis Perempuan Muda Berhijab | DiaryHijaber.com

Writer : BL Editor : BL

Cerita Dibalik Bisnis Perempuan Muda Berhijab

1.574 kali dilihat

Anisa Nadira Amran, biasa disapa Nadira, perempuan cantik kelahiran 1995 ini memiliki bisnis yang dapat terbilang menggiurkan. Bisnis yang digeluti Nadira yaitu sweater rajut produksi sendiri. Harga yang ditawarkan pun terbilang merakyat untuk isi kantung karena kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp100.000 saja.

Amoreknits adalah brand dari produk Nadira. Awal mula Nadira memulai bisnis pada awal tahun 2012.

 

Image title

 


Pertamanya aku hanya menjadi reseller aja. Terus buka online shop, aku menjual barang-barang branded seperti clothes and shoes gitu pre-order. Lalu karena hasilnya lumayan, aku dan partnerku mulai kepikiran untuk membuat brand sendiri. Setelah research sana sini, akhirnya kita membuat brand sendiri yang namanya Amoreknits,” tuturnya

 

Ternyata bisnis Nadira pernah berada di dalam kondisi pasang surut. Kendala dalam berbisnis pun ia rasakan. Salah satunya yang paling memberikan efek besar dalam penjualan Amoreknits adalah munculnya competitor dimana brand tersebut menjualsweater dengan konsep yang sama dengan Amoreknits. Tentunya hal ini tidak membuat Nadira menjadi patah semangat dalam bisnis yang dijalani. Ia akhirnya mulai mengidentifikasi kelemahan dari competitor yang kian hari kian mencuat jumlahnya.

Kebetulan kelemahan dari competitor kita adalah kelebihan yang Amoreknits miliki, yaitu kualitas bahan. Dimana Amoreknits selalu mengutamakan kualitas. Itu mengapa harga Amoreknits sedikit lebih mahal dibanding harga produk dengan jenis yang sama, tetapi tetap affordable,” ucapnya.

Quality over quantity! Merupakan hal yang harus diingat ketika membeli produk dan tentunya inipun menjadi sebuah kelebihan bagi para pebisnis untuk produk yang mereka tawarkan. Sejak datangnya competitor tersebut, Nadira langsung merubah cara promosi produknya, bahwa kualitas produknya adalah kualitas terbaik. Dengan cara, menampilkan real testimonial di website dan media sosial Amoreknits seperti instagram. Testimonial pun berasal bukan hanya dari customers saja melakinkan dari influencer atau famous person di social media yang kerap menjadi sorotan banyak orang. Seperti Alodita. Kalian  dapat check pada website Alodita di www.alodita.com terdapat salah satu testimonial  baik yang mengulas bahwa produk Amoreknits merupakan produk dengan kualitas baik. Kamu pun dapat melihat testimoni-testimoni lainnya dengan hashtag #amoreknits_testi  dan #amoreknitstestigiveaway dimana customers memberikan comments di foto tersebut serta bagaimana pendapat mereka tentang Amoreknits. Karena kualitas yg bagus dan terpercaya, sering sekali customers mempercayakan Amoreknits dengan cara berlibur ke luar negri menggunakan produk Amoreknits, Hijabers dapat lihat via instagram dengan hastag #holidaywithamore. Begitulah cara Amoreknits mempertahankan eksistensi dengan competitor lain.

Dalam bisnis, hal yang perlu diperhatikan juga adalan strategi promosi. Nadira sedikit terbuka mengenai bisnisNya. “Dengan mengikuti event-event atau bazaar merupakan salah satu media promosi, dan juga yang paling penting adalah digital marketing. Dimana Amoreknits sering bekerjasama dengan artis atau fashion blogger untuk mempromosikan sweater Amoreknits. Bisa check di hashtag #peoplewithamore,” jawab Nadira ketika ditanya mengenai strategi promosi produk.

Berbisnis sudah pasti untung dan rugi harus dipersiapkan. Amoreknits tidak mematokan pasti dalam keuntungan yang didapat. Terlebih, karena Nadira saat ini tengah menjalani study di Amsterdam sehingga sejak 6 bulan terakhir ini Nadira mengaku bisnisnya tengah dalam masa tidak produktif. Tetapi jangan khawatir, karena Nadira berjanji akan kembali normal kembali pada bulan Agustus nanti. Omset terbesar yang pernah Nadira dapatkan yaitu sekitar 50 juta dalam kurun waktu 3 hari saat Amoreknits mengikuti acara I love Bazzar Jakarta pada Bazzar di Grand Indonesia.

Untuk Hijabers, yang ingin membangun bisnis, Nadira memberi beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu partner (supplier, vendor, employee), customer satisfaction, quality control, promotion, follow the trend serta melihat market situation yang ada dan kenali competitor dari produk kita. Good luck.



RELATED ARTICLE