Etika Dalam Melayani Pelanggan | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Etika Dalam Melayani Pelanggan

754 kali dilihat

Pelanggan adalah elemen paling penting dalam bisnis kita. Tanpa adanya pelanggan, bisnis kita tak akan berjalan dengan baik. Untuk itu, kita juga harus berperilaku baik dan menghormati pelanggan kita. Kira-kira, apa saja ya etika yang harus kita terapkan saat berinteraksi dengan pelanggan? Yuk kita simak satu persatu di sini!
 
1. Berbicara Dengan Sopan
Seburuk apapun mood kita pada saat itu, kita tidak boleh menampilkannya pada pelanggan. Hal ini juga berlaku apabila pelanggan berbicara dengan nada dan diksi yang kurang mengenakan pada kita. Kita pun tidak boleh membalasnya dengan ucapannya yang tidak mengenakan. Sebaiknya tetaplah balas dengan sopan. 
 
2. Berikan Informasi Yang Jujur Pada Pelanggan
Banyak online shop yang tidak memberikan informasi yang jelas tentang produk yang mereka jual dengan tujuan agar pelanggan langsung membeli produk mereka. Hal tersebut tidak boleh kita lakukan. Berikanlah informasi yang jelas terkait produk kamu, dan biarkah yang memilih produk terbaik bagi mereka. Tenang saja, rejeki sudah ada yang mengatur kok.
 
3. Jangan memaksa pelanggan untuk membeli
Meskipun pembeli telah berjanji untuk membeli produk kita(biasanya terjadi di online shop), jangan kemudian kita memaksa mereka untuk segera membeli dan mentransfer uang. Pembeli punya hak untuk tidak jadi membeli barang meskipun dia bilang akan membeli. Dan sebagai penjual, hendaknya kita lebih smart dengan mencantumkan informasi terlebih dahulu bahwa online shop kita tidak menggunakan sistem keep, atau menyimpankan barang untuk pembeli yang belum membayar.
 
4. Membalas pelanggan dengan cepat
Hal ini berlaku bila kamu memiliki online shop. Balaslah pertanyaan pelanggan dengan cepat. Jangan membuat mereka menunggu lama, apalagi dengan ketus menyuruh mereka bersabar.
 
***
Intinya, etika dari berbisnis sebaiknya mengutamakan kesopanan dan kejujuran ya! Posisikan diri hijabers sebagai pelanggan, supaya Hijabers bisa memahami apa yang Hijabers inginkan saat membeli sebuah produk dari penjual.


RELATED ARTICLE