Menjadi Dropshipper, Amankah? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Menjadi Dropshipper, Amankah?

377 kali dilihat

Selain menjual produk sendiri dan juga mengambil barang dari pabrik (reseller), ada satu cara lagi untuk berbisnis: dropship. Sebetulnya konsepnya hampir sama dengan reseller, sama-sama menjual barang dari orang lain.
 
Hanya bedanya, dropshiper tidak perlu membeli barangnya terlebih dahulu. Cukup memajang foto-foto katalog milik supplier di akun sosial media, lalu saat ada orang yang memesan, Anda hanya tinggal menghubungi penjual tersebut untuk mengirimkan barang kepada pembeli Anda, tentunya setelah mereka mentransfer uang.
 
Kelihatannya sistem dropship ini mudah dan lebih menguntungkan. Namun, sebelum berbisnis dengan cara ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar Anda tidak merasa kesulitan nantinya. Apa saja?
 
1. Supplier yang terpercaya
Pastikan supplier Anda adalah supplier yang terpercaya dan tidak pernah melakukan penipuan. Pasalnya, bila nanti barang tidak dikirim, Anda sendiri yang akan malu. Jadi selalu berhati-hati saat memilih supplier.
 
2. Koordinasi tentang pengiriman
Saat Anda memutuskan untuk berbisnis dengan menggunakan sistem dropship, maka Anda harus tahu bahwa koordinasi tentang pengiriman adalah hal yang paling penting. Pastikan supplier Anda rajin dan langsung mengirimkan barang yang dipesan oleh pelanggan Anda secepat mungkin. Selain itu, pastikan supplier Anda selalu mengirimkan nomor resi pengiriman.
 
3. Barang sesuai gambar
Kadang, tantangan menjadi dropshiper adalah ketika barang yang dimiliki supplier ternyata tidak sesuai dengan gambar katalog. Nah, untuk itu, lebih baik Anda pesan dulu contoh barang dari supplier,sebelum memutuskan untuk menjadi dropshipper dari supplier tersebut, untuk melihat kualitas barangnya.
 
4. Update stok barang
Karena Anda tidak memiliki stok barang sendiri, maka Anda harus mengupdate stok barang sesering mungkin. Jangan sampai pelanggan kecewa karena barang yang mereka inginkan tidak pernah tersedia.

Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE