Pentingnya Manajemen Dalam Bisnis Anda | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Pentingnya Manajemen Dalam Bisnis Anda

364 kali dilihat

Selain produk yang menarik dan promosi yang gencar, ada satu hal lagi yang penting dalam sebuah bisnis: manajemen. Manajemen tak harus dilakukan oleh orang-orang yang profesional dalam bidang manajemen bisnis. Dalam konteks yang sederhana, Anda pun juga dapat menerapkan manajemen yang baik dalam bisnis Anda.
 
Manajemen bisnis berfungsi untuk mengatur agar bisnis anda berjalan dengan lancar, dan agar keuangan pun teratur. Selain itu, manajemen bisnis juga dapat membuat hubungan dengan pelanggan semakin baik, karena dengan manajemen yang baik, Anda tidak perlu bingung dalam mengatur pelanggan. Nah, bagaimanakah cara memulai sebuah manajemen bisnis yang baik?
 
1. Mulai memisahkan pemasukan dan pengeluaran
Meskipun Anda memiliki pendapatan yang bisnis yang banyak, tapi tetap catat semua pemasukan dan pengeluaran secara detil. Jangan sampai terlewat sedikit pun dan meremehkan pengeluaran/pemasukan yang sedikit, karena sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.
 
2. Membedakan uang pribadi dan uang bisnis 
Mungkin Anda adalah pemain tunggal dalam bisnis Anda dan tidak ada tim di sana, tetapi tetaplah kontrol diri Anda dengan tidak menganggap uang bisnis sebagai uang pribadi, apalagi bila uang itu adalah uang balik modal. Belajar untuk memisahkan mana uang yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi dan mana uang yang digunakan untuk investasi.
 
3. Update stok produk
Jangan lupa untuk selalu mencatat stok produk yang masih tersisa, baik jika Anda memproduksi barang sendiri, atau mengambil dari supplier. Jangan pernah lalai agar tidak ada miskomunikasi antara Anda dan pelangfan, dan membuat pelanggan kecewa.
 
4. Mencatat langkah-langkah bisnis
Selalu luangkan waktu untuk memikirkan langkah-langkah bisnis yang akan Anda ambil ke depan dan jangan lupa untuk mencatat langkah-langkah tersebut serta tanggal eksekusinya. Jangan sampai semua rencana Anda hanya tinggal rencana belaka.
 


RELATED ARTICLE