Perlukah Fokus Dalam Berbisnis? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Perlukah Fokus Dalam Berbisnis?

238 kali dilihat

Saat berbisnis, kita selalu ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Hal itu sebetulnya sangat wajar, karena tujuan utama bisnis sebetulnya adalah materi. Untuk itu, banyak pebisnis yang kemudian menjual sebanyak-banyaknya barang dengan berbagai varian untuk menjaring semua orang agar menjadi pelanggan mereka.

Tapi, terlalu fokus pada keuntungan hingga tidak berfokus pada produk bukan hal yang baik lho, Hijabers. Ada beberapa dampak yang harus Anda waspadai apabila bisnis Anda cenderung tidak fokus dan hanya mengikuti tren serta keinginan orang semata. Apa sajakah itu?

1. Manajemen yang berantakan

Terlalu banyak rencana dan produk dalam sebuah bisnis akan membuat Anda keteteran dan manajemen pun akan berantakan. Anda akan bingung mengatur bisnis karena begitu banyaknya rencana dan produk yang ingin Anda jual.

2. Tidak istimewa

Sebuah bisnis sebaiknya memiliki sebuah misi di mana pelanggan dapat dengan mudah mendefinisikan bisnis apa yang Anda jalankan dan Anda pun dapat memahami apa tujuan Anda berbisnis. Apabila Anda tidak fokus terhadap produk tertentu dan strategi bisnis tertentu, maka orang pun akan bingung, sebetulnya bisnis Anda adalah bisnis apa? Dan kebingungan ini akan mengurangi engagement mereka terhadap produk Anda.

3. Sulit bekerja sama

Apabila Anda sulit mendefinisikan produk dan bisnis Anda sendiri, bagaimana dengan orang lain? Hal ini dapat menyulitkan orang yang ingin bekerja sama dengan Anda, karena mereka takut bahwa bisnis Anda tak memiliki tujuan yang jelas.

4. Kurang berkualitas

Kurangnya fokus pada satu jenis produk akan membuat masing-masing produk yang Anda jual akan menurun kualitasnya. Anda hanya akan berfokus pada kuantitas, pada target, dan lupa bahwa pelanggan juga mencari kualitas dalam sebuah produk.



RELATED ARTICLE