Special Article : Belajar Memulai Bisnis ala Tiga Cowok Generasi Muda | DiaryHijaber.com

Writer : BL Editor : BL

Special Article : Belajar Memulai Bisnis ala Tiga Cowok Generasi Muda

785 kali dilihat

Berbisnis merupakan hal yang menantang dan tentunya menyenangkan jika dapat berjalan seperti apa yang kita rencanakan. Tidak ada batasan seseorang menjalankan bisnis, bahkan kini generasi masa kini pun gemar berbisnis. Termasuk tiga laki-laki muda single yang memiliki passion bisnis yang sama yaitu Kenny Putera, mulai membuka bisnis kuliner. Arta Naluriza sempat terjun ke dunia bisnis otomotif, kemudian Fadhlir Rahman yang memang sudah terjun ke dunia fashion. Mereka kemudian terbentuk dengan visi dan misi yang sama serta keinginan untuk belajar tentang bisnis, maka terbuatlah brand mereka terbuat. Escaper Outwear, berdiri pada pertengahan tahun 2015. Dengan berkiblatkan pada produk fashion bersegmen anak muda, maka mereka memilih outwear sebagai salah satu produk fashion mereka.

Ketika mulai untuk berbisnis, orang biasanya sangat takut akan sebuah kegagalan dalam, proses yang ada. Fadhlir dan teman-temannya dalam Escaper mengaku terkadang perbedaan pendapat saat ingin meluncurkan desain baru sering terjadi di antara mereka. Tetapi, karena mereka menjalaninya dalam sistem kekeluargaan, sehingga apapun yang telah disepakati merupakan sebuah keputusan bersama. Karena ketiga laki-laki ini sempat mengikuti program student exchange, dimana mereka semua tidak berada di Indonesia, makan sedikit terjadi sebuah kendala yaitu penjualan mulai menurun. Setelah disadari oleh ketiga laki-laki ini, akhirnya mereka mulai menyelesaikannya bersama-sama.

Berbicara mengenai strategi berbisnis, Escaper memiliki strategi yang mendasar tetapi sangat efektif yaitu kualitas produk dan memberikan harga terjangkau yang dapat diberikan kepada customer. Selain itu, strategi mereka yaitu melakukan endorse pada artis-artis yang berpengaruh. Mereka percaya bahwa “the power of mouth to mouth” itu nyata. Serta berdoa semoga bisnis yang mereka jalankan dapat berjalan dengan lancar.

Escaper tidak selalu mematokan pada omset, karena mereka rasa bisnis mereka terbilang baru, sehingga hal utama yang terus mereka usahakan adalah orang-orang melihat produk mereka dan menyadari akan keberadaan Escaper Outwear. Target mereka dalam penjualan yaitu dengan mengacu pada rasio one day, one product. Dalam arti, mereka dapat memproduksi minimal 30 produk dalam sebulan.

Menurut Fadhlir, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis salah satunya adalah....

Menurut kami, hal hal yang perlu diperhatikan saat ingin berbisnis salah satunya adalah melihat peluang, lihat apa yang sedang menjadi trend, dan inovasi juga menjadi hal sangat penting. Selain itu untuk membuka sebuah bisnis, jangan takut dan jangan putus asa. Kalian akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, kalian bisa belajar dengan learning by doing. Lebih baik memulai bisnis sekarang disaat muda daripada memulai saat hidup kita bergantung sepenuhnya pada bisnis yg mau kita bangun. Kita semua sudah tahu bahwa pastinya akan ada naik turun dalam berbisnis, fluktuatif. Tinggal bagaimana cara kita menghadapinya. Resiko itu pasti ada, ingat high risk, high return. Akan lebih kecil risk nya jika kalian memulai sekarang,” ucapnya.

Kalian bisa liat dan follow koleksi produk Escaper via instagram mereka di @escaper_id.



RELATED ARTICLE