Telitilah Sebelum Menghitung Keuntungan Bisnis | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Telitilah Sebelum Menghitung Keuntungan Bisnis

373 kali dilihat

Betapa senangnya mendapatkan income yang banyak dari penjualan yang kita lakukan. Apalagi jika barang yang kita jual juga hampir habis. Nah, Hijabers, berhasil menjual produk yang kamu tawarkan adalah salah satu langkah untuk menuju sukses. Tapi, ada satu hal lagi yang harus kamu lakukan: menghitung keuntungan dengan benar.

Nah, sifat alpa dan tidak hati-hati saat menghitung keuntungan ini sangat berbahaya untuk bisnismu lho. Untuk itu, cari tahu yuk, bagaimanakah cara menghitung pendapatan yang benar? Hijabers, berikut caranya:

1. Mencatat harga awal baang dan biaya produksi

Apabila produk kalian adalah produk buatan sendiri, hitunglah harga bahan baku serta piranti-piranti untuk memproduksi barang tersebut. Namun apabila kalian mengambil barang dari supplier, hitunglah harga awal barang, supaya kalian bisa dengan lebih jelas memahami keuntungan, dan menentukan margin penjualan di masa yang akan mendatang.

2. Kurangi dengan biaya promosi

Sebuah produk yang dijual pastilah dipromosikan. Jangan lupa untuk mengurangi keuntungan dengan biaya promosi, seperti misalnya biaya pulsa (promosi online), biaya flyer, dan lain sebagainya. Meskipun mungkin jumlahnya tidak sebesar biaya bahan baku dan produksi, tetapi tetap saja harus dihitung supaya kita tidak rugi.

3. Menghitung sisa barang

Jangan lupa untuk selalu menghitung sisa barang di hari itu, atau di hari yang telah kalian tentukan. Jangan lupa untuk tetap menganggap bahwa sisa barang adalah kerugian, sampai nanti ketika sisa barang tersebut bisa terjual.

4. Menghitung biaya operasional

Banyak orang yang melupakan biaya operasional, seperti misalnya, biaya bahan bakar, biaya kebersihan, biaya packaging, dan lain sebagainya. Ini cukup fatal, karena meskipun biaya operasional ini tidak terlalu banyak, tapi lama-lama bisa menjadi bukit kalau tidak pernah kita hitung. Jadi mulai sekarang, yuk kita catat biaya operasional yang kita keluarkan untuk menjual produk kita!

***

Nah, Hijabers, selain inovasi dan keuletan, ketelitian pun juga menjadi modal utama supaya kita sukses berbisnis. Jadi yuk, selalu teliti dalam mengelola keuangan bisnis kita, supaya kita tidak rugi!



RELATED ARTICLE