Waspadai Online Shop Dengan Tanda-Tanda Berikut! | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : BL

Waspadai Online Shop Dengan Tanda-Tanda Berikut!

354 kali dilihat

Hijabers, berbelanja di online-shop memang menyenangkan. Karena tidak hanya praktis, online-shop juga menawarkan barang-barang yang lebih lengkap dibandingkan dengan toko konvensional. Kamu pun bisa dengan mudah memilih barang yang sesuai dengan kantongmu.

Tapi hati-hati ya Hijabers. Karena tidak semua online shop dapat dipercaya. Banyak kasus penipuan oleh online shop dengan jumlah kerugian yang tidak sedikit. Untuk itu, yuk kita perhatikan beberapa hal ini sebelum membeli barang di online-shop!

 1. Komentar-komentar negatif

Kalau banyak komentar negatif yang ada di Instagram olshop tersebut, maka kemungkinan besar online-shop itu sering bermasalah dengan pelanggan. Apalagi bila akun-akun yang memprotes online-shop itu adalah akun-akun asli, bukan akun buatan. Lebih baik Hijabers cari online-shop lain dengan reputasi yang baik ya!

2. Banting harga

Bila sebuah online-shop menjual barang dengan harga yang jauh lebih murah dari harga wajar, misalnya, menjual iPhone dengan harga 1/3 harga asli, maka perlu diwaspadai, bisa saja online-shop tersebut tak pernah berniat menjual barang, atau menjual barang yang palsu dan berkualitas rendah

3. Pemilik tidak memahami barang yang dijual

Meskipun hanya berstatus sebagai reseller/makelar sebuah barang, selayaknya pemilik online-shop harus memahami barang apa yang dia jual dan bagaimana kualitasnya. Apabila dia terlihat tidak tahu apa-apa dan memberikan penjelasan yang berbelit-belit saat kita menanyakan barang yang dijual, kemungkinan dia tidak betul-betul berniat untuk berjualan barang tersebut, Hijabers. Apalagi kalau dia kemudian bertindak seolah “memaksa” kita untuk tidak banyak bertanya dan lekas mentransfer ke rekeningnya

4. Tidak mau menggunakan rekber

Rekber atau rekening bersama dapat menjadi media untuk memastikan bahwa transaksi yang kita lakukan aman. Apabila pemilik online-shop menolak mentah-mentah permintaan pelanggan untuk menggunakan rekber, Hijabers harus hati-hati ya! Apalagi bila nilai transaksinya besar, seperti transaksi barang elektronik misalnya.

Nah, Hijabers sebaiknya teliti dan waspada saat akan membeli barang di online-shop. Lebih baik menjadi pembeli yang “bawel” daripada tertipu, atau malah menerima barang yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.



RELATED ARTICLE