Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk China | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk China

365 kali dilihat

Gempuran produk Cina di bidang teknologi memang cukup masif. Anda bisa lihat betapa banyaknya produk-produk Cina yang merajai pasar ponsel di tanah air. Oh ya, tidak hanya ponsel, bahkan laptop pun juga. Seperti misalnya Axioo dan Zyrex. 
 
Dalam ranah ponsel, produk Cina cukup menjadi idola. Contohnya adalah Xiaomi. Ponsel ini menjadi primadona lantaran spesifikasinya yang canggih, interface yang menarik bak iPhone, tapi harga yang sangat terjangkau. Selain itu, Xiaomi pun juga tidak mudah panas saat digunakan. Untuk itu, tak mengherankan apabila produk Xiaomi ini selalu laris manis.
 
Namun, kita tahu bahwa produk dari Cina memang tak sekuat produk dari negara seperti Jepang serta negara-negara Eropa. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membeli produk Cina. Apa saja?
 
1. Pastikan garansi resmi
Banyak produk Cina yang hanya memiliki garansi toko karena proses masuknya barang yang tidak resmi. Untuk itu, saat membeli produk Cina, pastikan Anda mendapatkan garansi resmi, sehingga bila ada kerusakan, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan produk pun bisa diganti, selama kerusakan itu tidak berasal dari Anda.
 
2. Beli yang baru
Untuk produk Cina, ada baiknya Anda membeli produk baru dan bukannya yang bekas. Karena produk Cina cukup ringkih, maka ditakutkan bahwa barang bekas punya performa yang buruk bahkan mendekati rusak.  Lagipula, toh produk barunya punya harga yang terjangkau.
 
3. Perbandingan spesifikasi dan harga
Jangan tergiur dengan produk yang terlalu murah, tapi spesifikasi sangat tinggi. Xiaomi, meskipun spesifikasinya baik, tetapi antara harga dan spesifikasi tidak mencolok jauhnya. Apabila Anda menemukan produk yang spesifikasinya terlihat menarik tapi harga sangat murah, hati-hati. Siapa tahu barang tersebut cepat rusak.
 
4. Harus hati-hati
Kembali lagi, karena produk Cina cukup ringkih, maka pastikan Anda adalah orang yang hati-hati dan telaten dalam memperlakukan barang. Bila Anda ceroboh, akan riskan apabila Anda membeli produk Cina, terutama elektronik, karena ditakutkan akan cepat rusak.


RELATED ARTICLE