Yuk, Mulai Bisnis Kita Sendiri! | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Yuk, Mulai Bisnis Kita Sendiri!

378 kali dilihat

Hijabers, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memiliki bisnis sendiri. Selain punya waktu yang lebih fleksibel, memiliki bisnis sendiri juga dapat mengajarkan kita nilai-nilai tanggung jawab, leadership, dan juga membuat kita  menjadi lebih kreatif.

Nah, tapi langkah-langkah apa saja ya yang bisa kita lakukan sebelum memulai bisnis sendiri? Intip di sini yuk, Hijabers!

 1. Memahami potensi kita

Memahami potensi diri sangatlah penting supaya kita dapat lebih fokus pada bisnis kita. Misalnya, bila Hijabers punya bakat menggambar, Hijabers bisa membuka bisnis desain undangan, dan lain sebagainya. Atau kalau Hijabers jago mendesain baju, Hijabers bisa berbisnis busana muslim, lho!

 2. Kenali kompetitor

Jangan pernah malas untuk melakukan riset terhadap bisnis-bisnis yang serupa dengan bisnis yang akan kita jalankan. Hijabers bisa melakukan riset lewat hashtag Instagram, atau membaca website-website yang berkaitan dengan bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), supaya bisa memaksimalkan potensi bisnis kita

 3. Cari partner bisnis

Sebuah bisnis akan sulit bila dilakukan seorang diri. Carilah partner untuk bisa melengkapi. Partner ini tidak mesti berupa co-founder yang juga akan memegang bisnis bersama kamu, tapi juga bisa menjadi vendor yang menyuplai kebutuhan bisnis kamu, atau teman kamu yang bisa mendesain logo produk dan desain lain, apabila kamu tidak memiliki kemampuan untuk desain.

 4. Hitung pengeluaran awal

Hitung berapa pengeluaran yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis, dan sesuaikan dengan modal yang kamu miliki ya, Hijabers. Jangan sampai terlalu bersemangat hingga kalap dan menghabiskan modal untuk banyak hal yang tidak benar-benar kamu butuhkan ya!

 5. Siapkan sosial media

Jangan lupa untuk menyiapkan semua akun sosial media untuk lini bisnis kita, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Promosi di sosial media sangat penting lho! Kamu juga bisa membuat website/blog untuk bisnis kamu, supaya lebih meyakinkan pelanggan.

6. Mulai secepatnya

Sematang apapun persiapan akan sia-sia apabila hanya menjadi sebatas rencana. Kiat sukses untuk memulai bisnis adalah: jangan takut untuk segera memulai.

 

***

Bagaimana Hijabers? Sudah siap untuk memiliki bisnis sendiri?



RELATED ARTICLE