4 Salad bagi Si Vegetarian | DiaryHijaber.com

Writer : Sam Editor : BL

4 Salad bagi Si Vegetarian

427 kali dilihat

Hijabers yang sedang diet pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Makanan ini adalah salad yang diadaptasi dari budaya Barat. Jika Hijabers gemar makan salad, maka akan familiar dengan salad yang memasukkan komposisi seperti selada, mentimun, tomat, bawang Bombay dan mayonais. Salad semacam itu yang biasanya tersedia di kebanyakan kedai-kedai makanan di Indonesia. Mamun, sebenarnya masih banyak salad yang tentunya harus di coba. Seperti empat macam salad ini yang bisa Hijabers ulik infonya sebelum membelinya.

Tossed Salad

Tossed salad adalah salad yang paling biasa di temui, tentunya dengan sajian hijau-hijauan dan garnishnya seperti tomat, bawang Bombay, dan kelapa yang di aduk dalam satu mangkuk.  Tossed salad biasanya menggunakan sayuran berwana hijau seperti selada, bayam, atau selada air karena sayuran hijau akan mongering dengan sempurna sebelum di olah menjadi salad. Jika sayurannya basah, maka sajiannya tidak akan melekat dengan sempurna dan tentunya tidak lezat untuk di makan. Garnishnya terdiri dari bermacam-macam komposisi seperti kacang, keju, buah dan sayuran, sedangkan sausnya dapat menggunakan minyak ringan maupun cuka maupun daging asap. Jika orang Barat menggunakan babi asap, kalau kita sebagai muslim biasanya diganti dengan daging sapi.

Composed Salad

Tipe salad yang satu ini agak sedikit berat, dengan penyajian dari bawah ke atas dan menitik beratkan pada pemanpilan slad yang cantik, berbeda dengan Tossed salad yang tidak perlu penataan detail. Composed salad seperti namanya, memiliki 4 komposisi layer  yang terdiri dari base, body, garnish dan dressing. Base adalah dasar dari composed salad dan biasanya bukan merupakan sayuran. Body terdiri dari komposisi utama seperti kol-kolan, sayur dan beberapa salah akan menggunakan daging ayam. Garnish biasanya digunakan untuk mewarnai salad, membentuk tekstur dan rasa. Sedangkan dressing biasanya di letakkan di tempat yang berbeda seperti mangkuk lain, sehingga untuk mengambilnya perlu alat bantu seperti sendok.

Bound Salads

Bound salad adalah satu salad yang dibuat dengan mengkombinasikan beberapa daging olahan seperti daging ikan, kerang, kacang-kacangan dengan dressing dan garnish. Bound salad secara harfiahnya berarti setiap komposisi terikat satu sam ain dalam satu mangkuk. Salah satu bahan yang dapat mengikat sayuran-sayuran menjadi satu adalah mayonnaise sebagai bahan dasar, namun dapat bisa juga ditambahkan dengan cuka. Bound salad memiliki variasi yang berbeda di seluruh dunia, jadi tidak bisa disamakan satu sama lain. Beberapa orang menggunakan Bound salad ini untuk dijadikan body pada composed salad. Seperti halnya salad salmon dengan taburan kacang merah di atasnya.

Farinaceous Salad

Salad yang satu ini tergolong tidak familiar di telinga namun bisa jadi salad ini sudah pernah di coba. Farinacoeus salad adalah salad yang dibuat dengan kentang, pasta maupun padi-padian. Farinaceous salad tidak memerlukan banyak komposisi berat seperti Bound salad. Banyak salad pasta yang menggunakan kombinasi dari dressing yang menarik dan komposisi yang memiliki rasa beraneka ragam. Salad ini pun memiliki proses yang sama seperti Tossed salad yang dalam prosesnya mengalami pengadukan. Selain ini salad ini juga bisa digunakan dalam composed salad untuk menjadi body. Farinaceous salad paling popular dan favorit adalah potato salad.

Keempat salad di atas memang jarang ditemukan di kedai-kedai biasanya. Hijabers bisa mendapatkanya di kedai-kedai yang menyediakan western fusion, karena akan sangat mudah untuk mendapatkan aneka ragam salad.



RELATED ARTICLE