7 Fakta Menarik Tentang Ramen yang Perlu Diketahui | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

7 Fakta Menarik Tentang Ramen yang Perlu Diketahui

1.028 kali dilihat

Jepang menjadi salah satu negara yang mempunyai kekayaan kuliner di Asia. Ketika melangkah ke restoran Jepang kita akan disodorkan dengan puluhan menu yang menggoda. Ramen menjadi menu populer Jepang yang pasti kita temui. Bahkan beberapa resto secara khusus menjajakan menu ramen ini. Bagi pecinta makanan Jepang, khususnya ramen, fakta unik tentang ramen di bawah ini perlu untuk disimak.

easyonigiri.com

Berasal dari Tiongkok

Siapa sangka ramen yang menjadi ikon Negeri Sakura ternyata lahir di Tiongkok. Seorang koki Tiongkok membawa resep awal ramen ke restoran Jepang. Kala itu ramen memiliki tekstur yang lebih elastis bila dibandingkan dengan mie ramen saat ini. Orang Jepang menyebutnya dengan shina soba. Kata shina terdengar seperti pengucapan kata China (Tiongkok) dan kata soba yang berarti mie soba. Ramen diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang, kemudian rasa dan teksturnya dikembangkan sesuai dengan selera masyarakat Jepang.

Aneka Macam Kuah

Ramen tidak bisa dipisahkan dari kuahnya. Ada beberapa kuah ramen yang kerap jadi pilihan penikmat ramen. Pertama adalah kuah garam atau shio. Campuran garam pada ramen shio lebih banyak dibanding ramen lainnya, sehingga rasanya lebih asin. Warna kuahnya jenih, dengan isian daging ayam, daun bawang, dan rumput laut kering. Kemudian ada ada rasa kuah kacang kedelai atau miso. Kuahnya lebih kental dan berwarna kuning kecoklatan. Selain itu rasa kuah shoyu atau kecap khas Jepang. Karena menggunakan kecap maka kuahnya berwarna coklat pekat.

Dikombinasikan dengan Beragam Topping

Topping ramen adalah salah satu daya pikat utama ramen Jepang. Bagaimana tidak? Terdapat puluhan macam jenis topping yang dapat kita santap bersama ramen. Setiap jenis ramen memiliki topping khasnya masing – masing. Topping ramen yang lazim kita temui adalah tauge, irisan daging ayam, seafood, bubuk keju, asinan lobak, sayur kucai, daun bawang, jamur, acar jahe merah, biji wijen, dan masih banyak lainnya.

Ramen Khas Tiap Daerah

Meskipun berasal dari olahan mie yang sama, ternyata masyarakat Jepang memiliki resep olahan ramen khas tiap daerah. Sebut saja di Pulau Hokkaido, dapat kita temukan lima jenis ramen disana, yaitu Kushiro Ramen, Kitami Ramen, Asahikawa Ramen, Sapporo Ramen, dan Hakodate Ramen. Terbayang kan berapa ratus jenis ramen yang tersebar di seluruh penjuru Jepang?

Salah Satu Komoditas Ekspor Terbesar Jepang

Ramen kini menjadi ikon kuliner Jepang. Tak tanggung – tanggung Pemerintah Jepang mendirikan Museum Ramen untuk mematenkan ikatan ramen dengan sejarah Jepang. Bahkan, sebuah jejak pendapat Jepang menyatakan bahwa ekspor ramen adalah salah satu komiditi ekspor terbesar Jepang.

Proses Pencernaan yang Lama

Taukah Hijaber berapa lama ramen yang kita makan dapat dicerna oleh saluran pencernaan? Sebuah eksperimen menemukan bahwa selama dua jam mie ramen masih tampak utuh dalam perut kita. Makanan yang berada dalam saluran pencernaan untuk waktu lama berdampak pada penyerapan nutrisi. Dengan demikian, meskipun ramen adalah makanan yang sangat lezat, kita tidak boleh terlalu sering untuk menyantapnya.

Pernah Dikonsumsi di Luar Angkasa

Selain enak, ramen juga terbilang sangat praktis. Tak heran jika astronot Jepang, Soichi Noguchi memilih ramen sebagai bekal perjalanannya di luar angkasa. Tepatnya pada tahun 2005, Soichi Noguchi memakan ramen ketika berada di pesawat ulang-alik Discovery. Ramen tersebut kemudian diberi nama Space Ramen.



RELATED ARTICLE