Bulgogi, Makanan Khas Korea yang Mendunia | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Bulgogi, Makanan Khas Korea yang Mendunia

576 kali dilihat

Fenomena Hallyu dalam beberapa tahun terakhir ini mulai merambah Indonesia. Hallyu dikenal pula dengan sebutan Korean Wave. Di Indonesia sendiri istilah ini dikenal luas dengan “gelombang” Korea. Istilah tersebut merepresentasikan fenomena melejitnya budaya pop korea di mata dunia. Permulaan Hallyu adalah ketika budaya pop Korea disukai oleh rakyat Tiongkok pada periode 1990-an. Setelah sukses menjadi idola di Negeri Tirai Bambu, budaya pop Korea mulai menyebar ke beberapa negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia.

Fenomena Hallyu dimanfaatkan dengan apik oleh Negeri Gingseng sebagai media promosi. Berbagai aspek untuk mengenalkan Korea kepada dunia mulai ditonjolkan. Dalam beberapa adegan drama misalnya, terlihat sang aktris menggunakan pakaian tradisional Korea atau Handbok. Drama Korea juga seringkali mengambil setting di berbagai tempat wisata Korea. Imbasnya, tempat wisata Korea kini ramai dikunjungi masyarakat dunia. Tak hanya pakaian tradisional dan tempat wisata, kuliner khas Korea juga mendapat perhatian tersendiri di berbagai negara, salah satunya adalah Bulgogi.

Kata ‘bulgogi’ berasal dari bahasa Korea, ‘bul’ yang berarti api dan ‘gogi’ yang berarti daging. Dari gabungan kata tersebut, orang banyak memaknai Bulgogi sebagai ‘memasak daging di atas bara api’ atau disebut barbekyu. Di Jepang, Bulgogi identik dengan Yakiniku. Perbedaanya Bulgogi terasa lebih manis.

Bulgogi berbahan dasar irisan tipis daging premium seperti sirloin. Daging ini kemudian direndam dalam kuah berbumbu. Racikan bumbu rendaman bulgogi beragam, namun pada umumnya menggunakan kecap, bawang putih, gula, minyak, bawang bombay, daun bawang, dan lada hitam. Lama perendaman selama dua hingga empat jam.

Bumbu yang meresap ke daging inilah yang menjadi cita rasa Bulgogi. Setelah bumbu meresap sempurna, daging kemudian dibakar di atas panggangan.

Hijabers penasaran dengan olahan daging khas Korea ini? Tenang saja, Hijabers dapat membuatnya sendiri di rumah alih–alih harus merogoh kocek dalam–dalam ke restoran Korea. Berikut adalah resep sederhana Bulgogi yang wajib dicoba.

Bahan–bahan:

  1. 2 pon daging sirloin, iris tipis
  2. 2 1/2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  3. 4 siung bawang merah, cincang halus
  4. 1 buah bawang bombay, cincang halus
  5. 1/3 cangkir (2 sendok makan) kecap asin
  6. 2 sendok makan minyak wijen
  7. 1 1/2 sendok makan madu
  8. Lada hitam secukupnya
  9. 1/2 sendok teh gula pasir
  10. 1 sendok makan gochujang/ pasta cabai
  11. Daun bawang
  12. Daun selada
  13. Wijen panggang

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu, aduk hingga rata dan larut.
  2. Masukkan daging sapi yang telah diiris tipis. Aduk rata.
  3. Tutup permukaan mangkuk dengan plastic wrap atau penutup lainnya. Rendam daging dalam bumbu selama minimal dua jam dan masukkan ke dalam lemari pendingin.
  4. Siapkan alat pemanggang. Hijabers dapat menggunakan hot plateatau penggorengan datar anti lengket.
  5. Setelah alat pemanggang panas, tuangkan daging dan semua bumbu. Masak daging hingga matang, sambil dibalik-balik.
  6. Saat daging telah matang dan empuk, bumbu perendam telah habis, matikan api. Taburkan wijen panggang, daun selada dan daun bawang, aduk rata.

Kini Bulgogi siap disantap.



RELATED ARTICLE