Burrito Steak: Kelezatan Steak dalam Tortilla | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Burrito Steak: Kelezatan Steak dalam Tortilla

301 kali dilihat

Bagi pecinta makanan Meksiko pasti tidak asing lagi dengan Burrito, Taco dan Quesadilla. Ketiga menu tersebut merupakan menu khas resto Meksiko yang seringkali dijumpai dalam daftar menu. Meskipun menggunakan tortilla sebagai bahan dasar, ketiga menu tersebut memiliki ciri masing – masing.

Quesadilla disebut – sebut sebagai pizza Meksiko. Secara harfiah Quesadilla berarti suatu benda kecil yang mengandung keju. Quesadilla terdiri dari tortilla dengan lelehan keju di dalamnya. Biasanya dihadirkan dalam potongan pipih yang menjadikannya menyerupai pizza. Campuran daging juga dihadirkan sebagai pelengkap isian Quesadilla, tapi dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan isian daging pada Taco dan Burrito. Quesadilla biasanya disantap bersama tomato salsa dan sour cream.

Sedangkan Taco adalah lipatan Tortilla dengan berbagai macam masakan di dalamnya. Tortilla yang digunakan terbuat dari jagung dan berbentuk bundar pipih. Tortilla kemudian ditekuk menjadi dua kemudian diisi dengan berbagai olahan daging dan sayuran. Taco dihidangkan dengan perasan jeruk nipis, yang membuat isian Taco semakin segar dan lezat ketika disantap.

Burrito mempunyai ukuran yang paling besar dibandingkan Taco dan Quesadilla. Tortilla yang digunakan terbuat dari gandum untuk menghindari retak ketika digunakan untuk membungkus isian Burrito. Perbedaan menonjol antara Burrito dengan Taco adalah bentuknya yang seperti silinder untuk membungkus rapat bagian isinya. Dibalik bentuknya yang memanjakan perut dalam sekali santap, Burrito mempunyai sejarah. Mulanya, ada seorang pedagang Meksiko yang menginginkan sepiring nasi dan kacang, tetapi tanpa menggunakan piring sebagai alas. Lalu pedagang tersebut membungkus nasi dan kacang dengan tortilla gandum sebagai pengganti piring. Sebuah ide brillian yang menjadi titik mula lahirnya Burrito. Isian Burrito kemudian berkembang, tidak hanya nasi dan kacang. Beberapa pecinta Burrito mulai berkreasi dengan memasukkan berbagai jenis daging sebagai isian, seperti daging sapi dan ayam. Daging-daging yang sudah dicampur dengan bumbu nan lezat kemudian digulung dengan tortilla.

diaryhijaber tortila 2www.youtube.com

Salah varian Burrito favorit adalah Burrito Steak. Tortilla gandum yang empuk dan gurih dipadukan dengan olahan daging steak dengan bumbu yang lezat. Tidak mengherankan kalau Burrito Steak ini menjadi favorit pecinta makanan Meksiko. Hidangan  istimewa ini bisa disantap dalam suasana santai atau menjadi menu utama makan malam. Karena komposisi daging steak dan kulit tortilla yang cukup membuat perut kenyang. 

Lalu, apa saja isian Burrito Steak ini? Daging steak yang telah diberi bumbu rempah, dicampur dengan kacang – kacangan, beras merah, keju, guacamole dan salsa. Kemudian dibungkus dengan tortilla gandum yang tebal dan empuk. Bagi penyuka sayuran, Burrito Steak juga dapat ditambah dengan selada. Burrito Steak ini kemudian dilapisi dengan alumunium foil dan dipanggang. Alumunium foil berguna untuk memudahakan ketika dimakan.

Burrito Steak bisa menjadi alternatif bagi Hijaber pecinta steak yang ingin mengolah steak dengan berbagai campuran. Selain lebih beragam tentunya kandungan gizi yang terdapat dalam Burrito Steak lebih banyak. Selamat mencoba!



RELATED ARTICLE