Cara Menikmati Makanan Halal Di Pasar Semawis | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Cara Menikmati Makanan Halal Di Pasar Semawis

364 kali dilihat

Pecinan adalah daerah dengan nuansa oriental Cina yang khas sekali, dan tersebar di beberapa kota di Indonesia. Di Semarang pun, ada sebuah Pecinan yang mengadakan pasar malam bernama Waroeng Semawis atau dikenal dengan Pasar Semawis. Pasar Semawis dibuka pada Hari Jumat hingga Minggu, pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB. Oh ya, Pasar Semawis ini sangat ramai dan meriah dengan gemerlap lampu dan berbagai masakan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Jadi, kalau Anda pergi ke Semarang, Anda wajib sekali pergi ke Pasar Semawis dan merasakan kemeriahannya. Lagipula, Semarang terkenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia: hampir tidak ada masakan yang tidak enak di Semarang!

Tapi, ada beberapa masakan yang tidak halal di Pasar Semawis. Misalnya, sate babi. Karena sate babi ini memang salah satu masakan yang terkenal di sana. Namun tenang saja, Hijabers. Karena masih ada banyak makanan halal yang bisa kita santap di sana kok. Nah, bagaimana caranya agar Hijabers bisa menyantap makanan halal tanpa ragu? Berikut caranya:

1. Perhatikan baik-baik

Perhatikan betul-betul apa makanan yang dijual oleh penjual ya Hijabers. Jangan asal beli dan bayar saja. Perhatikan betul apakah makanan yang Hijabers makan adalah makanan yang halal atau malah makanan yang tidak diperbolehkan di Agama Islam. Hal ini berlaku terutama pada Hijabers yang belum terbiasa melihat bahan masakan.

2. Bertanya kepada penjual

Penjual di Pasar Semawis ramah dan menyenangkan Hijabers. Jadi kalau Anda ragu, Anda tinggal bertanya kepada penjual apakah masakan ini halal atau tidak. Nah, kalau penjual bilang tidak halal, tidak usah dibeli. Masih banyak makanan lain seperti soto ayam dan gudeg yang juga lezat

3. Beli makanan yang aman

Beli makanan yang aman untuk dimakan dan sudah jelas halalnya, seperti misalnya Gudeg dan Nasi Pecel. Hal ini bisa Hijabers lakukan kalau Hijabers malu bertanya. Makanan-makanan yang aman dan tidak menggunakan nama babi, biasanya memang halal kok, Hijabers, karena banyak juga muslim dan muslimah yang datang untuk makan ke sini.

 

Nah, Hijabers, selain makanan-makanan yang lezat dan terjangkau, duduk makan di depan jejeran tenda-tenda makanan sambil menikmati malam di Pasar Semawis juga akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Dan jangan lupa, siapkan kamera untuk mengabadikan suasana, karena suasana di Pasar Semawis sangat cocok untuk diabadikan.


Artikel Terkait Lainnya..
Indahnya Suasana Makan di Bandung

RELATED ARTICLE