Fakta-Fakta Menarik Kopi | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Fakta-Fakta Menarik Kopi

217 kali dilihat

Secangkir kopi rasanya memang pahit. Tapi bagaimanapun, banyak orang yang menyukai kepahitan itu. Kepahitannya menyegarkan pikiran, kata mereka. Tak mengherankan berbagai varian kopi lahr di dunia, termasuk di Indonesia. Varian-varian kopi ini sama-sama pahit, tetapi nuansa rasanya berbeda.

Tapi tahukah kalian bahwa kopi memiliki berbagai cerita dan latar belakang yang menarik? Yap, ada banyak hal-hal unik yang bisa kita temukan dari kopi. Seunik rasa dan aromanya yang khas. Apa sajakah itu?

1. Kopi termahal keluar bersama kotoran binatang

Yap, tahukah kalian bahwa kopi termahal dikeluarkan bersama...kotoran perut Luwak. Inilah kopi yang biasa kita kenal dengan nama Kopi Luwak dan 500 gramnya memiliki harga sekitar 2 juta rupiah. Luwak memakan buah kopi tertentu, dan biji yang dikeluarkan saat Luwak membuang kotoran itulah yang diolah. Kabarnya, proses yang terjadi dalam lambung luaklah yang membuat kopi tersebut menjadi mahal

2. Italia adalah negeri kopi tanpa kopi

Mendengar kata kopi, seringkali kita teringat pada Italia. Apalagi kita kenal beberapa nama kopi yang nuansanya Italia: Espresso, Affrogatto, dan lain sebagainya. Tapi Italia, dengan iklim empat musimnya tidak bisa menghasilkan kopi. Kopi hanya bisa tumbuh di negara yang memiliki sinar matahari melimpah. Contohnya adalah Indonesia dan Brazil. Italia hanyalah negara penikmat dan negara dengan banyak barista yang mampu meramu kopi.

3. Biji kopi berasal dari buah

Ya, jangan bayangkan kopi yang dipetik sudah berbentuk biji. Biji-biji kopi yang kita kenal tersebut berasal dari buah-buah kecil warna merah bak ceri. Ya, buah inilah yang suka dimakan oleh Luwak, dan menghasilkan kopi luwak.

4. Kopi dapat mencegah sirosis

Dengan rutin minum kopi, kalian dapat mencegah penyakit sirosis lho. Penyakit ini sangatlah berbahaya untuk fungsi hati. Padahal, hati sendiri berfungsi untuk mencegah racun dalam tubuh.

5. Gula merusak cita rasa kopi

Gula memang dapat menyamarkan rasa pahit pada kopi, tetapi gula ternyata juga menyamarkan cita rasa asli dari kopi. Untuk itu, kalau kalian ingin betul-betul merasakan cita rasa sebuah kopi, sebaiknya tidak perlu tambahkan gula.

 

***

Hijabers, kopi memang memiliki banyak keunikan dan manfaat. Tapi usahakan untuk tidak terus menerus meminum kopi dalam jumlah banyak ya, apalagi bagi kalian yang menderita darah tinggi.


Artikel Terkait Lainnya..
Tempat Ngopi yang Cozy

RELATED ARTICLE