Kuliner Mantap Paling Terkenal Khas Jawa Timur | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Kuliner Mantap Paling Terkenal Khas Jawa Timur

483 kali dilihat

Indonesia adalah negara yang tersohor akan kelezatan kulinernya. Ciri khas makanan Indonesia adalah menggunakan banyak rempah – rempah yang jarang kita temukan di beberapa makanan Barat. Tentunya hal tersebut menambah pesona Indonesia di mata dunia, disamping kekayaan budaya dan panorama alam.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai ikon kuliner yang berbeda-beda. Cita rasanya mewakili kesukaan dan budaya masyarakat setempat. Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal mempunyai banyak makanan lezat. Apa saja makanan khas Jawa Timur yang sering dicari? Berikut ulasannya.

Rujak Cingur

diaryhijaber makanan enak jawa timur

sarirasa.co.id

Cingur dalam bahasa Indonesia berarti hidung. Dinamakan demikian karena bahan utama rujak cingur adalah hidung atau cingur sapi. Bagi yang pertama kali mendengar, memang terasa agak aneh, namun ketika Hijaber mencoba rujak cingur, pasti akan ketagihan. Cingur sapi dicampur dengan berbagai bumbu seperti petis udang, gula jawa, cabai merah, kacang goreng, bawang goreng, dan garam. Untuk bahan pelengkap rujak cingur, biasanya menggunakan timun  khas Jawa Timur, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, sayuran seperti taoge, kangkung, dan kacang panjang. Rujak cingur disantap bersama lontong, tahu, dan tempe goreng. Rujak cingur banyak ditemukan di berbagai kota di Jawa Timur. Segarnya rujak cingur sangat pas disantap siang hari, sambil meredam panasnya cuaca Jawa Timur.

Bakso Malang

diaryhijaber makanan jawa timur

kokiku.tv

Apa keistimewaan bakso Malang dibanding bakso lainnya? Bakso yang berasal dari Malang, Jawa Timur ini memiliki berbagai macam jenis bakso. Ada bakso biasa, bakso telor, bakso urat, bakso udang, dan bakso goreng. Dalam satu mangkok bakso Malang, kita dapat membuat kombinasi isian bakso sesuai selera. Hijaber juga dapat menambahkan bakso dengan pangsit kering atau basah, siomay, ati ampela, tahu, mie, dan lontong.

Soto Lamongan

dairyhijaber makanan jawa timur

resepsimbok.com

Lamongan adalah salah satu kotas besar di Jawa Timur. Destinasi wisata favorit di lamongan adalah Jawa Timur Park II yang berada berdekatan dengan pantai. Kalau Hijaber berkunjung ke Lamongan jangan lupa untuk mencicipi soto Lamongan. Kuah sotonya sangat khas karena menggunakan bubuk koya atau semacam bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan. Soto Lamongan termasuk salah satu kuliner Jawa Timur yang sudah banyak kita temui di luar Jawa Timur. Para perantau membawa resep soto Lamongan ke daerah baru.

Tahu Tek

diaryhijaber makanan jawa timur

dapurresepnusantara.blogspot.com

Ternyata orang Jawa Timur mempunyai resep tahu yang terkenal akan kelezatannya, yaitu tahu tek. Tahu digoreng setengah matang kemudian ditambah dengan bahan lain. Bahan pelengkap yang sering kita temui pada menu tahu tek adalah tauge, kentang goreng, timun, dan lontong. Campuran bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu yang terbuat dari kacang goreng dan petis yang sudah dihaluskan.



RELATED ARTICLE