Makanan Korea yang Halal Dikonsumsi | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Makanan Korea yang Halal Dikonsumsi

778 kali dilihat

Hidangan Korea manawarkan cita rasa yang sangat berbeda dengan makanan Indonesia. Utamanya dari komposisi bumbu yang digunakan. Menu – menu Korea banyak disajikan dalam keadaan segar dengan sedikit bumbu. Penyajian dan cara makan yang unik menjadikan Korean Food banyak diburu oleh pecinta kuliner. Namun, buat para muslim, khususnya Hijaber yang gemar makanan Korea, mencari masakan Korea yang halal menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kebanyakan orang Korea menggunakan minyak atau daging babi. Sebenarnya masih banyak makanan Korea yang halal untuk dikonsumsi dengan rasa yang juga menggugah selera. Berikut adalah makanan halal Korea yang bisa jadi referensi Hijaber ketika berkunjung ke restoran Korea.

Kimchi

sidomi.com

Orang Korea Selatan kebanyakan menyantap Kimchi pada musim dingin. Kimchi adalah sayuran yang difermentasi dengan berbagai bumbu. Pertama – tama sayuran dibumbui menggunakan garam serta berbagai campuran bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, biji wijen, saus tiram, dan bubuk cabai merah. Setelah tercampur rata, sayuran kemudian dimasukkan dalam toples, ditutup rapat, dan difermentasi selama dua hari. Sebetulnya banyak sayuran yang dijadikan Kimchi, namun kimchi yang paling terkenal adalah Kimchi lobak dan Kimchi sawi putih. Karena berbahan dasar sayuran, maka Kimchi dijamin kehalalannya.

Soondubu Jjigae

www.koreanbapsang.com

Tidak hanya orang Indonesia yang pandai mengolah tahu, orang Korea juga dapat menyajikan hidangan berbahan dasar tahu yang lezat. Tahu Korea, direbus bersama kerang, jamur, jeotgal dan telur. Kuah yang digunakan untuk merebus dibumbui kecap asin dan bumbu pedas. Sup tahu Korea ini dinamakan Soondubu Jjigae. Soondubu Jjigae disajikan dalam keadaan hangat di dalam ttukbaegi. Rasa pedasnya mudah beradaptasi dengan lidah Indonesia.

Doenjang Jjgae

hls3790.tistory.com

Jika Soondubu Jjigae menggunakan tahu sebagai bahan utama, maka Doenjang Jjgae menggunakan seafood dan aneka sayuran. Kuahnya serupa dengan kuah Soondubu Jjigae yang pedas. Doenjang Jjgae sangat pas dinikmati saat musim dingin, karena kuahnya mampu menghangatkan tubuh.

Tuna Kimbap

lovesouthkorea.tumblr.com

Tuna Kimbab adalah sushinya Korea. Sama dengan sushi, daging ikan tuna digulung dengan nasi dan isian lainnya. Gulungan tuna kimbab lalu dibungkus menggunakan rumput laut kering. Tuna kimbab biasa dijadikan hidangan utama saat makan siang.

Saengseon gui

papasemar.com

Ikan memang menjadi pilihan aman bagi pecinta makanan halal Korea. Kandungan gizi ikan tidak jauh berbeda dengan daging. Orang Korea juga sangat pintar mengolah ikan. Salah satu menu halal berbahan dasar ikan yang populer adalah Saengseon gui. Saengseon gui berarti ikan panggang, namun cara masaknya tidak dipanggang melainkan digoreng. Ikan yang digunakan adalah jenis ikan makarel. Orang Korea hanya menggunakan ikan tangkapan yang segar, sehingga cita rasa Saengseon gui sangat terjamin.

Maeuntang

www.seoulkoreanbbq.com

Bagi penggemar sup ikan, maka harus mencoba sup ikan khas Korea yang satu ini. Maeuntang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu rasa pedas. Penyajiannya di atas hotplate sehingga terjaga kehangatan dan kekenyalan daging ikannya. Maeuntang menjadi sup favorit orang Korea, utamanya bagi mereka yang menghindari daging



RELATED ARTICLE