Mencari Tempat Makanan Halal di Thailand | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Mencari Tempat Makanan Halal di Thailand

323 kali dilihat

Bagi Hijaber yang sedang berlibur atau merencanakan liburan ke Thailand, tak perlu merisaukan tentang makanan halal. Meskipun mayoritas penduduknya beragama non-Muslim, Thailand menyediakan banyak tempat makan yang menjual hidangan halal. Jumlah penduduk Muslim sendiri di Thailand mencapai angka 14 persen. Sebagai tempat peribadatan umat Muslim, dibangun sekitar 3.600 masjid di Thailand. Muslim Thailand mendirikan sebuah komunitas Muslim tepatnya di Islamic Center di Ram Kham Haeng. Dengan demikian, masyarakat Thailand sudah mengenal umat Muslim dengan baik. Mereka sangat menghormati perbedaan yang ada, termasuk larangan makanan haram bagi Muslim.

Kebanyakan masyarakat Thailand menggunakan daging dan minyak babi pada makanan mereka. Tapi tak perlu khawatir, karena Thailand mempunyai lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikasi halal, yaitu Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Commitee Thailand. Logo makanan halal dapat kita jumpai di plang restoran atau kemasan makanan modern. Sehingga kita dapat mencicipi pad thai atau tom yum dengan tenang. Hijaber dapat menemukan makanan halal Thailand di tempat-tempat berikut.

Chatuchak Weekend Market

Chatuchak Weekend Market adalah sebuah pasar serba ada yang buka setiap weekend. Jadi kalau jadwal liburan Hijaber bertepatan dengan weekend, tak ada salahnya menyambangi Chatuchak Weekend Market. Banyak kios makanan halal yang tersedia di sana. Mulai dari makanan India, Melayu dan makanan Muslim khas Thailand.  Kios makanan halal banyak terpusat di sekitar Clock Tower.

Penjual makanan halal yang terkenal adalah Saman Islam dan Kah Jak. Saman Islam menyajikan berbagai macam menu makanan, sedangkan Kah Jak populer dengan nasi ayamnya. Kedua tempat makan ini selalu dipenuhi wisatawan Muslim, termasuk Indonesia. Harganya sangat terjangkau, dengan harga minimal 50 Baht. Chatuchak Weekend Market juga menyediakan fasilitas musholla.

Ratchadamri Road

Makanan halal banyak dijual di Thailand, bahkan kita dapat menukan makanan halal di pinggiran jalan. Kawasan yang banyak dikunjungi adalah Ratchadamri. Banyak penjual kaki lima yang menggunakan gerobak berlabel halal sepanjang jalanan  Ratchadamri. Makanan yang dijual sangat beragam. Harga makanannya pun sangat pas di kantong para backpacker.

Charoen Krung Road (New Road)

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan bagi traveller Muslim adalah Charoen Krung Road. Lokasinya sangat strategis karena merupakan salah satu jalanan utama di daerah Bangkrak. Hijaber juga dapat menemukan pusat perbelanjaan di dekat Charoen Krung Road. Yang menggembirakan bagi traveller Muslim adalah, terdapat Ban Oou Mosque yang merupakan salah satu situs budaya Kota Bangkok dan merupakan pusat komunitas Islam.

Lelah berjalan di Charoen Krung Road, Hijaber dapat menikmati makanan halal yang banyak tersedia di sana. Terdapat satu restoran legendaris yang telah berdiri sejak 70 tahun lalu, yaitu Muslim Restaurant. Lokasinya  di dekat persimpangan antara Charoen Krung Road dan Silom Road. Menu yang disajikan adalah masakan Muslim Thailand, seperti kari otak dan nasi biryani. Kita juga dapat menikmati aneka kue, roti dan jajanan kecil lainnya.

Kawasan Phetchaburi , Pratunam

Tak jauh dari pusat perbelanjaan favorit di Bangkok, Platinum Fashion Mall, Hijaber dapat menemukan gerai makanan halal. Tepatnya di kawasan Phetchaburi , Pratunam. Kawasan ini juga merupakan permukiman Muslim Bangkok. Banyak warung makanan yang menyajikan masakan halal Thailand dengan harga yang ramah di kantong.

Kalau Hijaber tidak mengunjungi tempat – tempat tersebut, cukup dengan melihat logo halal di warung atau toko makanan. Karena setiap penjual makanan di Thailand harus melalui proses pengujian untuk mendapat sertifikat halal.



RELATED ARTICLE