Mengulik Cita Rasa Jenis Pasta | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Mengulik Cita Rasa Jenis Pasta

611 kali dilihat

Hijabers, artikel kali ini akan membawa kalian mengenali kudapan lezat negara yang masyhur dengan Menara Pissa, Colesseum, Pantheon, Piazza, dan Trevi Fountain. Yup, Benvenuti in Italia!! Selain menjelajahi eksotisme Italia yang kental akan corak budaya Romawi, tak lengkap rasanya jika Hijabers belum mengenali makanan khas Negeri Italia, Pasta.

Orang Italia menyajikan pasta sebagai Primo Piatto atau hidangan pertama. Setelah menyantap pasta, barulah mereka menikmati Secondo Piatto berupa daging, ikan, unggas, maupun sayuran. Selain menjadi Primo Piatto, pasta juga dihidangkan sebagai hidangan utama. Perbedaannya terdapat dalam besar porsi dan saus pasta. Porsi pasta sebagai hidangan utama lebih banyak dibandingkan pasta sebagai Primo Piatto. Selain itu saus dan bumbu yang digunakan juga lebih gurih dan creamy.

Basic olahan pasta adalah  tepung terigu, air, telur, dan garam. Dari bahan utamanya, pasta tentulah masuk dalam list halal food. Hasil adonan pasta kemudian dibentuk dalam berbagai macam. Nah, Hijabers, tiap varian pasta mempunyai nama masing–masing lho. Jadi, jangan sampai salah sebut nama ya!

Di Italia sendiri tercatat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Tapi Hijabers tidak harus menghapal ratusan jenis pasta tersebut, karena pada dasarnya bentuknya hampir serupa satu sama lain. Hijabers cukup mengenal pasta–pasta yang mudah kita temukan di Indonesia.

Jenis pasta

Hijabers dapat mulai berkenalan dengan pasta dengan membedakannya menjadi pasta kering dan pasta basah. Pasta kering tentunya mengandung kadar air yang lebih sedikit dibandingkan pasta basah, hanya kisaran 10%, sehingga lebih awet untuk disimpan. Pasta kering biasanya diproduksi oleh pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi.

Pasta segar atau pasta basah dibentuk secara manual dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar atau pasta fresca adalah jenis pasta yang tidak dikeringkan. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi.

Untuk jenis pasta kering sendiri, terbagi lagi dalam tiga jenis:

Pasta Lunga atau pasta yang panjanganya lebih dari 10cm. Jenis Pasta ini yang paling sering kita dapati, diantaranya:

 diaryhijaber pasta 1

www.duniainter.net

Spaghetti

Spaghetti dalam Bahasa Italia berarti tali kecil. Bentuknya panjang dan tidak berongga.

 diaryhijaber pasta 2

www.veganyumminess.com

Fettuccine

Meskipun nampak serupa dengan spaghetti, tetapi ukuran fettuccine lebih pipih dengan lebar kira – kira ½ cm.

diaryhijaber pasta 3

www.123rf.com

Tagliatelle

Tagliatelle serupa dengan fettuccine dengan bentuk melingkar seperti sarang burung.

diaryhijaber pasta 4www.crowdact.com

Lasagna

Lasagna adalah pasta berbentuk lembaran.

Pasta Corta adalah varian kedua pasta kering, yaitu pasta ukuran pendek. Jenis pasta ini juga mudah kita dapati, antara lain:

 diaryhijaber pasta 5

 www.youtube.com

Rigatoni

Rigatoni memiliki ciri bentuk seperti tabung pendek, dengan permukaan yang bergaris – garis.

 diaryhijaber pasta 6

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE