Menu Makanan Sehat yang Lezat | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Menu Makanan Sehat yang Lezat

533 kali dilihat

Apa yang terlintas di Hijaber tentang makanan sehat? Sayuran pastilah menjadi jawaban pertama yang muncul. Makanan sehat juga identik dengan makanan segar yang tidak menggunakan banyak bumbu serta tidak melibatkan banyak proses memasak. Sayangnya, banyak pendapat yang mengatakan bahwa aneka bumbu dan lamanya proses masak setara dengan kelezatan yang dihasilkan. Sebaliknya, bahan – bahan yang dimasak dalam waktu yang singkat dengan bumbu sedikit, akan terasa hambar karena bumbunya tidak meresap. Pendapat tersebut tidak selamanya benar Hijaber. Seiring meningkatnya kesadaran konsumen tentang makanan sehat, semakin banyak kreasi makanan sehat modern dengan rasa yang lezat.

Salad Buah dan Sayuran

dianafjrn.worpress.com

Apabila memakan sayuran dan buah terasa membosankan, bagaimana kalau kita coba mengolah buah dan sayuran menjadi salad. Beberapa jenis sayuran seperti selada, paprika, brokoli, kentang, bayam, tomat, mentimun adalah sayuran yang banyak dijadikan salad. Selain sayuran, buah – buahan seperti apel, mangga, buah naga, pisang juga dapat dijadikan salad. Untuk saus salad kita dapat mencampur mayonaise, susu kental manis, keju, dan perasan jeruk nipis.

Sup Krim Jagung

www.vegkitchen.com

Jagung adalah sayuran yang mempunyai kandungan karbohidrat setara nasi dengan kandungan gula yang lebih sedikit. Hijaber dapat mengolah jagung menjadi sup jagung yang kental dan gurih. Cukup dengan memasak jagung manis bersama sayuran lain seperti jamur, seledri, dan wortel. Kuah kentalnya didapat dari sedikit campuran tepung kanji. Sup krim jagung lebih enak disajikan dalam keadaan hangat.

Chocolate Shake

lorimerkitchen.com

Gula adalah salah satu bahan makanan yang harus ditekan pemakaiannya dalam menu makanan sehat. Bagi penyuka rasa manis, hal tersebut tentunya sangat sulit. Alternatif yang dapat Hijaber pilih untuk menggantikan gula adalah dengan menambahkan coklat dalam minuman atau makanan. Kandungan gizi pada coklat baik untuk jantung dan hati. Selain itu coklat juga dapat memperlancar peredaran darah. Resep minuman coklat yang sehat adalah chocolate shake. Hijaber tinggal menambahkan coklat hitam dalam susu segar lalu diblender hingga merata.

Nugget Sayuran

www.loryma.de

Nugget yang banyak kita temukan adalah nugget yang berasal dari olahan daging ayam atau sapi. Untuk mendapatkan menu nugget yang sehat, kita dapat mengganti bahan daging tersebut dengan sayuran. Cara membuat nugget sayur sangat mudah, yaitu dengan mencampur kentang kukus yang dihaluskan dengan wortel dan brokoli. Bumbu nugget sayuran cukup dengan garam, kaldu ayam, dan merica bubuk. Adonan yang dibentuk persegi, kemudian digulirkan dalam tepung terigu dan tepung roti agar menjadi lebih crispy.

Smoothie

poshrx.com

Smoothie jadi pilihan tepat untuk menambah kesegaran susu dengan aneka rasa buah. Dengan demikian, kita tidak menjadi bosan dengan rasa plain milk dan susu coklat. Cukup dengan menambahkan potongan buah ke dalam susu segar, lalu diblender selama beberapa menit. Kandungan protein dalam susu segar menjadi lebih lengkap dengan tambahan nutrisi dalam buah. Pisang, strawberry, mangga, melon, dan blueberry adalah buah – buahan yang seringkali diolah menjadi smoothie, namun demikian, Hijaber dapat memilih buah sesuai selera.

Kandungan serat dalam sayuran dan buah – buahan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran dapat membersihkan darah dan membuang kelebihan lemak dalam tubuh, mencegah penyakit, meningkatkan kerja organ tubuh dan lain – lain. Jadi, makan sayuran adalah sebuah kebutuhan yang wajib kita penuhi untuk mendapatkan tubuh sehat.



RELATED ARTICLE