Resep Ayam Betutu Agar Empuk dan Gurih | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Resep Ayam Betutu Agar Empuk dan Gurih

737 kali dilihat

Menikmati panorama alam dan kuliner Pulau Bali adalah agenda favorit untuk berlibur. Bali, selalu mampu membuat para wisatawan terkagum – kagum akan keindahannya. Daya pikatnya menjadikan tiap orang yang berkunjung enggan untuk beranjak dari Pulau Dewata. Jika Hijaber berlibur ke Bali, tak lengkap rasanya jika tidak menyantap kuliner khas Bali, ayam betutu.

Ayam betutu merupakan resep tradisional Bali sejak tahun 1976. Sebenarnya, ayam betutu berasal dari daerah Gianyar, namun karena kemasyhurannya, ayam betutu kini sudah tersebar di  seantero Bali. Penemu resep klasik ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh dan suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari wilayah Abiansi, Kota Gianyar.

resepmasakansedap.com

Ayam betutu disajikan dalam bentuk ayam utuh yang telah melalui proses memasak cukup panjang. Selain ayam, masyarakat Bali juga menggunakan bebek sebagai bahan utama. Proses memasak mengunakan cara tradisional sehingga menghasilkan cita rasa ayam betutu yang lezat. Pertama ayam atau bebek utuh dibersihkan, kemudian dibumbui dengan rempah – rempah. Bumbu ayam betutu dimasukkan dalam perut ayam atau bebek yang telah dibersikan tersebut. Ayam dan bebek yang telah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang agar mendapat aroma yang lebih kuat. Bungkusan ayam betutu ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api sekam. Proses memasak ayam betutu dengan dibakar menggunakan api sekam tersebut. Butuh waktu berjam – jam untuk memperoleh ayam betutu yang empuk dan gurih. Bumbu rempah meresap sempurna dengan campuran aroma khas daun pisang dan bakaran sekam.

Seiring perkembangan jaman, cara tradisional tersebut mulai ditinggalkan. Penjual ayam betutu memilih menggunakan peralatan masak modern karena lebih praktis dan cepat. Ayam betutu yang telah dibumbui dan dibungkus dengan daun tidak dibakar menggunakan sekam, melainkan dikukus selama satu jam, kemudian dipanggang dalam oven. Proses modern ini tidak mengubah cita rasa ayam betutu, malah dengan bantuan peralatan modern, menghasilkan ayam betutu yang empuk hingga bagian tulangnya.

Bagi Hijaber yang hobi memasak dan penasaran dengan ayam betutu, tidak perlu jauh – jauh pergi ke Bali. Hijaber dapat memasak ayam betutu di dapur rumah dengan mengikuti resep berikut.

Bahan – bahan:

    1 ekor ayam, bisa diganti dengan bebek

    5 sdm minyak goreng

    1 lembar daun pisang

Bumbu:

    7 buah cabai merah dan 5 cabai rawit

    5 buah kemiri, sangrai terlebih dulu

    5 siung bawang putih

    10 siung bawang merah

    1 sdt terasi

    1 sdm ketumbar, sangrai terlebih dulu

    1½ sdm serai, iris halus

    2 sdt merica

    1 sdm lengkuas, cincang

    ½ sdt pala bubuk

    2 sdt kunyit, cincang

    4 lembar daun jeruk purut

    2 sdt jahe, cincang

    2 sdt kencur, cincang

    garam dan gula sesuai selera

Cara memasak:

    Haluskan semua bumbu, kemudian tumis sampai harum dan kering. Angkat bumbu dan dinginkan. Bagi bumbu menjadi dua bagian.

    Masukkan satu bagian bumbu dalam rongga badan ayam, semat lubangnya dengan tusuk gigi. Lumuri seluruh permukaan ayam dengan sisa bumbu.

   Bungkus ayam dengan daun pisang.

   Panggang dalam oven dengan panas 180°C, selama 2-3 jam sampai matang.

Setelah aroma ayam tercium serta daging ayam sudah empuk, keluarkan dari oven. Ayam betutu siap dihidangkan. Selamat mencoba Hijaber.



RELATED ARTICLE