Sebuah Surga Bagi Pecinta Taco | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Sebuah Surga Bagi Pecinta Taco

296 kali dilihat

Bagi yang pertama kali mendengar nama Taco, pasti sangat terdengar asing dan tidak mengira bahwa Taco adalah kudapan lezat. Taco adalah santapan khas Meksiko yang berupa lembaran tortilla dilipat dengan berbagai isian di dalamnya. Isian Taco biasanya berupa daging sapi, daging ayam, seafood, sayuran, dan keju. Taco disajikan bersama salsa, guacamole, tomat, dan selada. Di negara asalnya Meksiko, Taco dihadirkan sebagai hidangan pembuka, makan malam ringan atau sebagai menu sarapan.

Di Indonesia sendiri, Taco dapat dengan mudah di dapatkan di resto Meksiko. Sayangnya, beberapa resto Meksiko mematok harga yang menguras kantong. Tapi Hijaber tidak perlu resah, karena masih dapat menjumpai Taco dan kudapan Meksiko lainnya dengan harga terjangkau di tempat berikut. So, Check this list out, Hijaber!

 

Taco Local

diaryhijaber taco 1

ww.foodnetwork.com

Konsep Taco Local lebih menyerupai cafe dengan konsep Bohemian. Taco Local ini diakui pecinta kuliner Jakarta sebagai salah satu  penjaja taco terbaik. Ada beragam pilihan Taco disini, seperti al pastor, carne, pollo comino, elote, huevos, carnitas, dan elote con carne. Taco tersebut disajikan lengkap dengan guacamole dan salsa fresca dalam tortilla kukus yang lembut.

Cita rasa Taco Local banyak mendapat testimoni positif dari pelanggan, utamanya karena campuran rasa asin, manis yang pas dengan kesegaran yang berasal dari jeruk nipis. Harga Taco Local juga cukup terjangkau. Hijaber yang berminat mengunjungi cafe Meksiko ini dapat menemukannya di Jl. Dharmawangsa Raya, No.4, Pelaspas.

 

Tapas De Espana

diaryhijaber taco 2

www.food.detik.com 

Tidak hanya menyajikan menu Meksiko, Tapas De Espana juga menyuguhkan menu dari Negara Spanyol. Jadi bagi Hijaber yang penasaran dengan cita rasa Meksiko dan Spanyol dapat menyicipinya sekaligus di Tapas De Espana.

Salah satu menu Taco di Tapas De Espana adalah Taco de Pollo. Filling taco ini menggunakan sauteed chicken yang diberi paprika merah dan hijau, selada, daun peterseli, dan tomat.

Sedangkan untuk tortilla sendiri adalah tortilla jagung sehingga menghasilkan tekstur lembut (tidak renyah), empuk dan berwarna keputihan. Jangan lupa untuk memberi perasan air jeruk nipis, guna menghasilkan filling yang lebih segar. Selain Taco dari Meksiko juga terdapat varian Taco dari Spanyol seperti, Taco de Carne atau lightmeal khas Spanyol dengan isian daging tenderloin yang dibumbui paprika dan Mexican Chili Powder. Ada juga Taco de Atun , atau lightmeal dengan isian ikan tuna yang dikombinasikan dengan paprika dan salad.

Range harga Tapas de Espana cukup terjangkau untuk kategori makanan Meksiko, yaitu mulai dari Rp. 25.000 s/d Rp. 150.000. Resto yang sudah berdiri sejak tahun 2013 ini mempunyai cabang di Jakarta dan Bandung.

Tapas de Espana Jakarta

Central Park, Tribeca Park, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta

Tapas de Espana Bandung

Jl. Dr. Setiabudi No. 49 Bandung Bandung

 

Taco Express

Taco Express mengusung tema Mexican Street Food dengan bentuk restoran mini khas Meksiko. Meskipun terbilang tidak terlalu luas tapi interior Taco Express didesain menyerupai arsitek Meksiko. Lahan parkir juga kurang memadai untuk kendaraan roda empat, tapi tak jadi masalah, karena Taco Express mampu menghadirkan cita rasa mewah pada tiap hidangannya.

Filling taco menggunakan daging sapi yang khusus didatangkan langsung dari Australia. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan olahan makanan dengan kualitas terbaik. Daging sapi kemudian diolah menjadi beef chilli concarne dengan tambahan berbagai bumbu ala Taco Express.

Selain daging, isian taco juga dicampur dengan sayuran, yaitu selada dan tomat. Mereka juga menambahkan tabasco dan saus pedas, untuk memberi kesan getir di lidah pada saat memakannya. Keju ditambahkan di pinggiran taco, sebagai pemanis dan memberikan rasa gurih pada saat digigit. Menu Meksiko lainnya juga tersedi di Taco Express, seperti burritos dan quasedilla.

Hijaber, berniat mencicipi ketiga menu khas Meksiko ini? Cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 untuk satu porsinya. Taco Express juga menawarkan potongan lima belas persen untuk semua jenis makanan hanya dengan menunjukan kartu mahasiswa. Bagi yang tidak doyan dengan daging sapi, tenang saja, karena Taco Express siap menggantinya dengan daging ayam.

Jadi, silakan memutuskan di mana Hijaber akan mencicipi taco terbaik. Hal utama yang perlu diingat adalah Hijaber harus berhati – hati dalam memilih daging isian taco, karena beberapa resto meksiko, menggunakan pork untuk varian isiannya.



RELATED ARTICLE