Sensasi Makan Bakso dengan Batok Kelapa | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Sensasi Makan Bakso dengan Batok Kelapa

1.361 kali dilihat

Siapa yang tak tergiur dengan kelezatan bakso? Bola daging yang disajikan bersama mie atau bihun dengan siraman kuah kaldu ini, selalu membuat lidah siap bergoyang. Aroma gurih kaldunya, sekejap bisa membangkitkan selera makan. Namun, sekalipun bakso sangat familiar dengan lidah Indonesia, ternyata bakso memiliki akar seni kuliner Tionghoa. Nama bakso sendiri berasal dari bahasa Hokkien Bak–So yang berarti daging giling.

Banyaknya penikmat bakso, menjadikan para penjajanya berlomba–lomba menyajikan kreasi bakso terbaik. Tak melulu menggunakan daging sapi, komposisi bakso dapat dipadankan dengan bahan lainnya, seperti  bakso telur, bakso keju, bakso urat, dan bakso ikan. Beberapa lainnya berkreasi dalam ukuran bakso, dari bakso unyil sampai bakso raksasa seberat 5 kg.

Lazimnya bakso disantap dalam mangkok, tapi kali ini Hijabers akan diajak untuk menikmati sensasi makan bakso di dalam kelapa muda. Yups! Bakso Batok Kelapa.

Campuran rasa gurih daging sapi dan segarnya air kelapa muda memberi rasa unik di lidah. Meski sudah diberi rempah–rempah, rasa khas air kelapa masih dapat dinikmati. Tak ketinggalan daging kelapa muda yang sangat lembut karena sudah bercampur dengan kuah hangat. Sehingga, memberi kesan menggingit jelly bening. Penikmat bakso masih tetap disuguhi racikan khas bakso, seperti tauge, bawang goreng, dan daun seledri.

Makan langsung dari batok kelapa juga memberi keunikan tersendiri. Kalau biasanya Hijabers merasakan dinginnya batok kelapa sembari menikmati angin pantai, kini Hijabers dapat menemukan batok kelapa hangat di kedai atau rumah makan terdekat. Tak ayal lagi, keunikan yang ditawarkan bakso batok kelapa wajib dicoba. Kalau Hijabers adalah penikmat bakso, jangan sampai ketinggalan dengan kreasi bakso yang satu ini.

Bagaimana, penasaran dengan Bakso Batok Kelapa?

Hijabers dapat mengunjungi Kedai Onnashaka, di Jln. Parakan Saat No. 999, Bandung. Bakso batok kelapa yang diberi nama chocoball menjadi menu andalan Kedai Onnashaka. Pemilik kedai Nadia Budi Adijanto, membuat komposisi sempurna padanan kuah kaldu dan air kelapa menjadi kuah bakso yang berbeda dengan kuah bakso pada umumnya. Hanya dengan merogoh kocek Rp 20.00, Hijabers sudah dapat menikmati rasa unik bakso batok kelapa. Selain bakso batok kelapa, Kedai Onnashaka juga menawarkan jajanan khas lain, seperti batagor dan siomay.

Buat Hijabers yang masih ingin merasakan kuah kaldu bakso, RM. Doyan Makan Alam Sutera bisa menjadi alternatif. Rumah makan yang beralamat di Pasar 8 No. Kav-2 Jl. Alam Utama, Serpong ini menawarkan sensasi makan bakso dalam batok kelapa dengan menjaga keaslian kuah kaldu. RM Doyan Makan atau yang familiar dengan nama RM DM juga menawarkan bakso ikan sebagai pilihan. Hijabers juga bisa mengganti bihun dengan udon. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 38.000 untuk bakso ikan dan Rp 35.000 untuk bakso sapi.

diaryhijaber bakso batok kelapa

www.pegipegi.com

Terlepas dari semua varian bakso yang disuguhkan, tentunya hijabers tetap harus mengutamakan aspek halalan thoyyiban. Halal, artinya Hijabers harus selektif memilih bakso yang terbuat dari daging layak konsumsi sesuai norma agama. Thoyyib, bermakna Hijabers harus memilih bakso yang baik untuk kesehatan, seperti terbebas dari kandungan boraks atau bleng yang kurang aman untuk dikonsumsi.

Selamat menikmati bakso batok kelapa.



RELATED ARTICLE