Chusnah Puteri Damayanti, Peduli Terhadap Nasib Anak Jalanan | DiaryHijaber.com

Writer : BA Editor : BL

Chusnah Puteri Damayanti, Peduli Terhadap Nasib Anak Jalanan

447 kali dilihat

Nama                 :   Chusnah Puteri Damayanti    

Instagram         :   chusnapd

Hobbi                 :   nonton film, baca, travelling

Tinggi/Berat     :   156/54

Asal                    :   Malang/Tangerang Selatan

Prestasi             :  

Penerima Beasiswa Unggulan CIMB NIAGA 2013

Part of Komunitas Hijaber United Malang

 

Peduli terhadap sesama itu merupakan suatu perbuatan yang terpuji, kalau menurut Anda gimana? Banyak orang yang memiliki rasa peduli yang tinggi, dan banyak pula mereka yang acuh terhadap generasi bangsa. Hijaber of The Week kali ini datang dari Chusna seorang mahasiswi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap anak jalanan.

Kenapa sih harus anak jalanan? Tanya kami dari tim Diaryhijaber.com chusna pun menjawab dengan pendapatnya “ya karena hidup mereka 80% dijalan, mereka kehilangan waktu bermain dan belajar. Banyak juga orang yang mengganggap mereka itu bodoh, padahal enggak. Mereka hanya tidak memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya,” terangnya.

 diaryhijaber

Lalu apakah yang buat Chusna menjadi begitu peduli kepada mereka? “Karna buatku, setiap orang di Indonesia punya kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan, dan selain belajar anak-anak itu juga dalam masanya bermain. Dan masa-masa kecil mereka harus dilewatin dengan mencari uang dijalan. Kan jadi terbuang. Aku percaya, pendidikan adalah kunci untuk sebuah kemajuan, dalam hal kecil maupun besar. Pendidikan juga ga cm sekolah aja tp skill juga perlu," paparnya.

Ternyata Chusna pun mendapatkan beasiswa juga loh Hijabers. "Dan kebetulan aku penerima beasiswa dari pemerintah juga, jadi ada suatu keinginan untuk membalas budi, dalam bentuk apapun, salah satunya peduli sama generasi bangsa. Kepedulian kita emang hal kecil bagi kita, tapi bagi mereka mungkin sesuatu yg besar. Padahal mereka sebenarnya pinter-pinter, cuma ya giman tuntutan ekonomi bantu keluarga. Kalau ditanya uangnya buat apa, buat nabung beli sepatu tas sekolah atau buku sekolah. Kehidupan sama tekanan ekonomi yg menghimpit jd faktor terbesar buat mereka turun ke jalan. Kan enak enggak perlu susah sekolah dan usaha, dapat uang yang lumayan,” ceritanya kepada kami.

Yang sangat disayangkan Chusna ialah turunnya anak-anak ke jalanan karena disuruh atau didukung orantuanya. Namun banyak juga dari mereka yang bersekolah di pagi hari dan di sorenya mereka ngamen.


Menarik untuk dibahas oleh tim Diaryhijaber karena akan membangun kesadaran kita untuk peduli sama hal-hal yang mungkin tidak terbesit di pikiran kita. Beda dengan chusna yang care sama anak jalanan disekitarnya. Chusna tidak sendiri melakukannya, tapi ada teman-teman kampusnya yang sama care-nya seperti Chusna. Mereka juga mengadakan love and share yang merupakan pertunjukan seni yang diisi sama anak-anak jalanan yang berbakat dan berprestasi.



RELATED ARTICLE