Via Mardiana Hijaber United Jakarta Menulis Sejak Kelas 5 SD, Honor Pertama Hanya 30 Ribu Sekarang Wow Banget! | DiaryHijaber.com

Writer : annisa farida Editor : Nanda Pipit N

Via Mardiana Hijaber United Jakarta Menulis Sejak Kelas 5 SD, Honor Pertama Hanya 30 Ribu Sekarang Wow Banget!

411 kali dilihat

Ketika aku merasa tidak penting bagi sebagian orang,aku ternyata lupa,

bahwa Tuhan menciptakanku untuk menjadi sumber kebahagiaan sebagian lainnya.

Eskapisme Air karya Via Mardiana          

 

           Via Mardiana perempuan berhijab kelahiran kota Subang 23 tahun silam merupakan member of  Hijaber United Jakarta yang memulai hobi menulisnya sejak kelas 5 SD. Kondisi di desa yang serba kekurangan dalam hal sarana dan prasarana, nyatanya tidak membuat semangat Via untuk tetap menulis meski harus pegal menulis di buku tulis lembar demi lembar. Namun, ada hal yang menarik dari perempuan yang hobi mendaki gunung ini, yakni tidak pernah telat membeli koran dan tabloid.

            “Di desa itu sangat jarang yang hobi baca, sehingga yang jualan koran dan tabloid emang jarang laku. Aku harus membelinya di tengah kota, sekitar 15 menit dari rumah.”kata Via.

            Sampai suatu hari dia menemukan sebuah tabloid yang menerima karya dari pembaca, lalu Via mencoba untuk mengirimkan hasil karyanya lewat pos.

            “Waktu itu emang gak banyak berharap. Yang penting kirim aja dulu deh.”kata Via.

Akhirnya, setelah sebulan menunggu, tiba-tiba dia mendapatkan kabar dari kantor pos bahwa ada transfer uang dari salah satu tabloid nasional karena karyanya berhasil dimuat di tabloid tersebut. Dengan honor hanya 30 ribu ternyata mampu membuat seorang anak SD kegirangan bahagia.

            “Agak alay, tapi senengnya bukan main. Masalahnya, waktu itu aku kelas 5 SD dan di desa, terus dapat uang gitu dari hasil nulis, ya meskipun Cuma 30 ribu, tapi perasaannya seneng banget, langsung sujud syukur gitu.”kata Via.

            Sejak saat itu, ia terus menggeluti dunia tulis menulis, selain menjadi blogger ia juga aktif menulis di media masaa. Tulisannya mengenai lingkungan pernah dipublikasikan oleh Majalah Intip Hutan, Forest Watch Indonesia.

            Dan yang paling membuatnya bahagia di tahun ini adalah keberhasilannya menerbitkan novel pertamanya yang berjudul, “Eskapisme Air”. Novel tersebut bercerita tentang bagaimana seorang gadis mencari kebahagiaan dalam hidupnya. Inspirasi novel ini adalah dari kehidupan sehari-hari, dimana banyak sekali orang yang menginginkan kebahagiaan instan dengan merebut kebahagiaan orang lain. Menghalalkan segala cara agar dirinya bahagia sampai lupa bahwa orang lain pun punya hak yang sama.

            Masih banyak hal yang ingin dilakukan oleh perempuan yang mengidolakan JK Rowling ini, salah satunya adalah menjadi penulis yang bukunya diterjemahkan ke dalam berbagai Bahasa di dunia. Saat ini, Via sedang menggarap novel keduanya yang judulnya masih dirahasiakan.

            “Ya gak akan jauh dari tema-tema ringan mengenai kehidupan. Mohon doanya ya.”kata Via.       



RELATED ARTICLE

Admin DiaryHijaber.com @adminadmin
Monday 10-07-2017 08:58 AM

Subhanallah.. mari kita doakan semoga karir menulisnya terus naik