Konde Undercover | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Konde Undercover

1.175 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Siapa yang nggak mau tampil cantik? semua cewek pasti mau. Dan dijaman modern ini, para cewek punya banyak pilihan baut perawatan, dari mulai ujung kaki sampai rambut. Dan asyiknya, cewek nggak perlu susah- susah ngelakuin perawatan dirumah. Mereka banyak yang milih ke salon, beres, trus langsung cuz pulang. Simple banget kan.

Eh tapi tau nggak sih, ternyata sebagai seorang muslim, kita dandan tuh ada aturan khususnya lho. Yaps, islam udah kumplit ngasih arahan tentang cara berhias, biar kita nggak asal cantik ajah. Ada aturan khusus menyangkut hal itu. Salah satunya adalah tentang menyambung rambut menyambung rambut.

Dalam hal ini Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sudah sangat jelas memperingatkan. Diriwayatkan Dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

“Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, wanita pembuat tato dan yang bertato.” (HR. Bukhari).

Bahkan lho, walopun kita tujuannya buat nyenengin suami, biar bisa ngeliat kita bening terus, hal seperti menyambung rambut tetap nggak di perbolehkan jenk. Dari Aisyah radliyallah 'anha, katanya “Seorang wanita Anshar hendak menikah, dia dalam keadaan sakit dan rambutnya rontok, mereka hendak menyambungkan rambutnya (seperti wig, konde, dan sanggul), lalu mereka bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, Beliau menjawab, “Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ibnu Hibban).

Dari Asma’ radhiallahu ‘anha dia berkata:
“Ada seorang wanita bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, anak gadis saya terkena penyakit yang membuat rontok rambutnya dan saya hendak menikahkannya, apakah boleh saya sambung rambutnya?” Beliau bersabda: “Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya.” (HR. Bukhari dan Al-Baihaqi).

Selain itu, cara berhias yang pake tato, kikir gigi, ataupun mencukur alis ampe tipis pun ternyata nggak boleh lho.

Dari Ibnu Umar radliyallah 'anhu, katanya bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, dan wanita pembuat tato dan yang bertato.” (HR. Bukhari, Muslim, dan At-Tirmidzi)

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, dia berkata:
“Allah melaknat wanita pembuat tato dan yang bertato, wanita yang dicukur alis, dan dikikir giginya, dengan tujuan mempercantik diri mereka merubah ciptaan Allah Ta’ala.” (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Hibban, Ad-Darimi, dan Abu Ya’la).

Mungkin dari kita banyak yang kepo, kenapa sih ampe segitunya, bahkan yang namanya usaha pengen cantikpun kudu ada aturannya? Yaps, pastinya karena  Allah ngga ridho kalo kita sampai ngerubah ciptaanNya cuman gara- gara pengen cantik. Apalagi kalo udah cantik kitanya Te-Pe, Te-pe alias tebar pesona. Hal yang sama juga berlaku saat kita ngelakuin operasi plastik, operasi silikon payudara, atau yang lainnya, yang intinya kita ngubah ciptaan Allah.

Tapi ini jelas beda kalo tujuannya adalah kesehatan. Kaya' cangkok jantung, kaki palsu buat jalan, gigi palsu buat ngunyah, atau operasi pelastik buat pengobatan wajah yang terbakar atau kena air keras. Itu semua nggak termasuk ngerubah ciptaan Allah Ta’ala tapi adalah usaha buat ngembaliin fungsi organ tubuh.

Tubuh kita adalah ciptaan Allah. KIta mah cuma sekedar dititipin aja, dan disuruh buat ngejaga. Tubuh kita asli' bukan milik kita, tapi kita bakal dimintai pertanggung jawaban tentang gimana kita ngejaganya. Jadi ibaratnya, suka- suka Allah juga kelees kalo Allah berkehendak kita nggak boleh ngubah yang udah dibuat cantik olehNYa. Kita mah yang tinggal nrima, ya kudu terima, ya nggak?.

Lagian tampil cantik nggak kudu dengan dandanan yang aneh, pake konde, wig, tato, dan sejenisnya. Apalagi sampe ngeluarin duit buat sesuatu yang nggak abadi. Yups dear, tubuh kita cantik ada kadaluarsanya. Justru kecantikan dari dalam, alias inner beauty lewat ke- sholihah-an kita yang harusnya dijawa dan dirawat, plus dikasih perhatian lebih khusus. Karena itu adalah identitas sejati kita, dimanapun kita berada sekaligus jadi ukuran pasti tentang cantik nggak nya kita.

*Setuju =  Bagikan

Sangat setuju = Bagikan + Cantumkan komentar kamu dikolom komentar


(NayMa)




RELATED ARTICLE