Saat Kita Bersedih... | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Saat Kita Bersedih...

2.394 kali dilihat

(Diaryhijaber.com) - Saat kita sedih, rasanya nggak enak ngapa- ngapain. Bawaannya cuma mau nangis aja buat ngilangin rasa nyesek di hati. Kalo udah mentok dan kebangetan masalahnya, kadang kita udah males aja cari jalan keluar. 

Saat kita sedih...

Kita komplen, "Ya Allah Kenapa kudu gue sihh?"

Al Quran pun menjawab...

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,"Kami telah beriman", sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." [Al-Ankabut ayat 2-3]. 

Saat kita sedih...

Kadang kita protes : "Kenapa gue nggak diuji dengan hal-hal yang baik aja sih?

Al Qur’an Menjawab : 

“…boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (Lihat QS.Al-Baqarah : 216)

Saat kita sedih...

Kita nangis, "Kenapa kudu seberat ini?

Al Qur’an Menjawab : 

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..” (QS.Al Baqarah : 286)

Saat kita sedih...

Kita berkali kali nanya :  "Boleh nggak sih gue nyerah ?

Al Qur’an Menjawab : 

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS.Ali Imraan : 139)

Saat kita sedih...

Kita pun selalu bilang "Pantes nggak sih gue putus asa?"

Al Qur’an Menjawab : 

…dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (QS.Yusuf : 87)

Saat kita sedih...

Kita sering hopeless,  "gimana yaa cara ngadepin masalah ini ??"        

Al Qur’an Menjawab : 

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung”. (QS.Ali Imraan : 200)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”. (QS.Al-Baqarah : 45)

Saat kita sedih...

Kita terpuruk dan bilang "gimana cara menguatin hati gue?"

Al Qur’an Menjawab :
 “….Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal…….” (QS.At-Taubah : 129)

Saat kita sedih...

Kita suka bilang " teruuus gue dapat apa kalo lulus ujian masalah ini ?"

Al Qur’an Menjawab : “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan surga – Nya……….” (QS.At-Taubah : 111)

Subhanalloh,

Girls, Sadar nggak sadar sebenernya nggak ada jalan keluar lain saat kita lagi sedih kecuali merapat ke Allah. Dan tuntunan nya pun dah jelas dan ada di Al Qur’an. Kaya pas kita beli komputer dulu girls kita butuh yang namanya buku panduan buat ngejalaninnya. Atau kalo kita tetep keras kepala suka suka kita sendiri, dijamin si komputer bakal sukses meledak dengan gosong, dan urusan bakal tambah makin ribet.

Trus juga ya say, saat kita sedih sebenarnya yang kita butuh cuman bantuan Allah. Secara kita kan emang selalu bilang kalo dia maha kuasa atas segala sesuatu. Allah juga yang maha mengatur hidup kita. Allah yang paling sayaang kita dan ga mungkin ngejerumusin kita.

Yawdah lah yaa, yang namanya hidup emang gitu say. Kalo nggak siang ya malam. Kalo nggak hidup ya mati. Kalo nggak sedih ya seneng. Semua intinya ujian buat kita, sampe dimana sih tingkat keimanan kita sama Allah? kita minta bantuannya ke Allah Atau ke yang lain? kita bakal ngikut nafsu kita ato aturan Allah?. Semua adalah cuma buat nguji kita.

Jadi nggak perlu melou, galau dan kacau   pas kita lagi sedih. Senyum donk ah. Terus aja berdoa dan usaha maksimal. Inshaaallah Badai pasti berlalu. Kan kita punya Allah. Betul???


(NayMa)



RELATED ARTICLE