Ada Apa dengan Suriah? (1) | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Ada Apa dengan Suriah? (1)

547 kali dilihat

Negeri Syam, adalah negeri yang paling lama bergejolak panas. Seperti yang terjadi di Palestina dimana sudah puluhan tahun situasi memanas akibat penjajahan oleh bangsa Israel.

Awal kisahnya adalah bangsa Yahudi datang ke tanah Palestina untuk menghindarkan diri dari pembantaian yang dilakukan Nazi. Namun setelah mereka memproklamirkan Negara Zionis Israel, mereka balik menjajah bangsa Palestina yang telah dengan tangan terbuka menerima mereka. Dan Sampai kini Israel malah telah menguasai kurang lebih 85 % tanah Palestina.

Selanjutnya, yang terjadi di Suriah pun tak kalah panas dengan Palestina. Di Suriah terjadilah pembantaian ribuan kaum Muslimin. Dimulai dengan pengejaran aktivis Ikhwanul Muslimin pada tahun 80’an. Kemudian berlanjut pada tahun 2011 ketika rakyat tidak puas, Presiden Suriah Basyar Assad dengan menggunakan kekuatannya malah memberangus warga-warganya.

Munculnya segala konflik konflik ini, sebenarnya telah disabdakan dengan jelas oleh Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam. “Aku bermimpi melihat tiang kitab (Islam) ditarik dari bawah bantalku, aku ikuti pandanganku, ternyata ia adalah cahaya sangat terang hingga aku mengira akan mencabut penglihatanku, lalu diarahkan tiang cahaya itu ke Syam, dan aku lihat bahwa bila fitnah (konflik) terjadi maka iman terletak di negeri Syam.”

Dan perlu kita ketahui bahwa walaupun banyak konflik panas yang terjadi disana, namun terkandung  banyak keutamaan yang agung pula yang terjadi disana. 

“Pergilah ke Syam, karena ia adalah bumi pilihan Allah. Dia memilih hamba-hamba terbaiknya untuk kesana. Jika kalian tidak mau, maka pergilah ke Yaman kalian, dan minumlah dari telaga-telaga kalian. Karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Syam dan penduduknya." (Hr. Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Al- Hakim).

“Beruntunglah negeri Syam. Sahabat bertanya: mengapa? Jawab Nabi saw: malaikat rahmat membentangkan sayapnya di atas negeri Syam.” (HR. Ahmad).

Inilah salah satu diantara sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan negeri ini. Negeri dimana beliau SAW diperjalankan, dan dimikrajkan ke Sidratil Muntaha, Negeri dimana Nabi Isa diakhir jaman juga akan turun pertama kali untuk membunuh Dajjal, serta negeri tempat lahirnya ulama-ulama Islam besar, seperti Imam Nawawi, Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan Ibnu Katsir.

Dan negeri Syam akan terus menjadi tempat yang penuh berkah, walaupun belum aman dari konflik yang memanas. Kesejahteraan dan keindahan hidup akan selalu ada pada negeri ini, baik damai maupun perang.



RELATED ARTICLE