Ada Apa dengan Suriah? (2) | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Ada Apa dengan Suriah? (2)

289 kali dilihat

Kini di Suriah, negeri yang dibuka pertama kali oleh Khalifah Umar bin Khattab ini, dan negeri yang menjadi gudang ilmu  dan tempat lahir ulama-ulama Islam besar itu  sedang terjadi konflik panas. Kaum muslimin di Suriah seakan menjadi manusia yang terusir di negerinya sendiri, mereka ketakutan dirumah mereka sendiri. Mereka juga kelaparan di negara mereka tersebut. Tidak hanya itu,  bahkan dengan mata kepala mereka setiap hari harus menyaksikan satu persatu kerabat mereka mati perlahan-lahan karena luka perang, ataupun kekurangan obat.

Semua karena konflik panas tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak kekuasaan Hafidz Asad, kakek Bashar Asad, Presiden Suriah saat ini. Kebijakan pemerintahannya saat itu dianggap melukai para rakyatnya, sehingga menimbulkan kemarahan mereka. Dan setelah itu, pemilu demokrasi yang diharapkan akan dapat mengubah keadaaan menjadi lebih baik, nyatanya tidak berhasil, hingga pada akhirnya rakyat memilih untuk melakukan demonstrasi yang parahnya justru malah disambut dengan senjata, dan lalu merenggut ribuan nyawa. Dan sejak itulah, Maret 2011 hingga kini perang pun terus terjadi.

Dan kini, dengan dukungan Rusia, Cina dan Iran, presiden Bashar Asad berkuasa di Suriah. Namun banyak yang menuntut agar dia segera mundur dan mengakhiri jabatannya. Akhirnya, konflikpun semakin panjang dan panas. Sebagai korbannya anak-anak, wanita dan warga sipilyang banyak menderita. Tidak hanya itu, Fasilitas umum seperti rumah ibadah, rumah sakit, gedung publik juga tidak luput hancur karena konflik tersebut. 

Banyak pihak yang menghubungkan jika dibalik semua konflik tersebut pada intinya adalah sama, yaitu pertarungan ideologi komunisme, Kapitalisme melawan ideologi Islam. Semua itu dilakukan untuk membendung kembalinya Islam sebagai kekuatan yang akan menyatukan seluruh ummat islam di dunia. Dan hal ini akan menjadi salah satu tanda bahwa peta akhir jaman benar- benar ada.

Hijabers, dan sebagai seorang muslim kita harus memiliki pandangan dalam melihat perjalanan dunia dengan tidak lepas dari ideologi Islam. Termasuk ketika menilai tentang apa yang terjadi di Suriah saat ini. Konflik yang sedang memanas sudah menjadi ketentuan Allah, sebagai tanda- tanda akhir zaman, dan bukan semata-mata masalah politik global. Lewat Al-Quran dan Hadist, telah dikabarkan pula tentang kejadian ini. Terlalu hebat jika kita menyebut bahwa hanya karena campur tangan manusialah yang bisa merekayasa situasi seperti ini. Mereka mungkin melakukan hal itu, tapi yang utama kekuasaan dan kehebatan Allah yang Maha dahsyatlah yang telah menetapkan semua ini terjadi.



RELATED ARTICLE