Adab Memotong Kuku | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Adab Memotong Kuku

288 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Allah Ta’ala adalah yang Maha Indah dan sangat mencintai keindahan. Karena itu kita para hambaNya diperintahkan olehNya untuk selalu menjaga kebersihan dan agar tampilan tubuh kita selalu indah dan terawat. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan dan keindahan anggota tubuh kita.

Salah satunya adalah menjaga kuku agar selalu rapi yaitu dengan memotongnya secara teratur. Bahkan urusan seperti memotong kuku ini termasuk dari sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Dalam hadist Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, (Yang Artinya) : “Lima perkara yang termasuk fitrah, yaitu : mencukur bulu kemaluan, berkhitan, memotong kumis, mencabut bulu ketiak, dan memotong kuku” (Hr. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

Selain itu, ada pula hadits dari Aisyah Radhiyallahu anha, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya), “Sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu : memotong kumis, membiarkan jenggot, bersiwak (gosok gigi), memasukkan air ke dalam hidung (ketika berwudhu), memotong kuku, membasuh ruas jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, beristinja’ (dengan menggunakan air)”

Zakaria berkata, “Mus’ab berkata, Aku lupa perkara yang kesepuluh. Kalau tidak salah adalah berkumur”. [Hr. Ahmad, Muslim, Nasa’i dan Tirmidzi)

Hijabers, membiarkan kuku kita tetap panjang dan tidak memotongnya selama 40 hari adalah makhruh hukumnya. Hal ini berdasarkan pada riwayat dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, ia berkata. (yang artinya) “Kami telah diberi tempo dalam memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur bulu kemaluan jangan sampai dibiarkan lebih dari empat puluh malam” (Hr. Muslim dan Ibnu Majah)

Lalu bagaimana cara memotong kuku kita? Menurut Imam an-Nawawi, sunnah memotong kuku dimulai dari jari tangan kanan keseluruhannya dan dimulai dari jari kelingking lalu sampai pada ibu jari, kemudian tangan kiri dari jari kelingking ke ibu jari.

Dan untuk alat pemotong kukunya kita bisa menggunakan gunting, pisau atau benda lain yang tidak menyakiti kuku kita.

 



RELATED ARTICLE