Adakah Rapot Merah pada Bulan Ramadhan Kemarin? | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Adakah Rapot Merah pada Bulan Ramadhan Kemarin?

471 kali dilihat

Ramadhan memang telah berlalu. Namun ada baiknya kita kilas balik sebentar untuk mengingat beberapa hal yang telah kita lakukan di bulan mulia kemarin. Hijabers, kira-kira adakah yang kurang dari puasa kita? Adakah ibadah yang kurang untuk kita lakukan di bulan Ramadhan kemarin? Dan bila semua itu tercatat di dalam sebuah raport di depan kita, apakah kira-kira akan ada warna merah di dalamnya?

Hal ini penting untuk kita lakukan, karena jika Allah memberikan izin kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun depan, kita bisa berusaha dengan lebih baik agar kekurangan dan kesalahan yang kita lakukan di tahun ini tidak terulang kembali. Karena bulan mulia tersebut, kedatangannya didambakan oleh semua orang beriman. Sangat disayangkan jika dia hanya kita biakan berlalu begitu saja tanpa makna yang membekas dan memberikan perbaikan kepada diri kita.

Seorang muslim yang baik pastilah akan selalu berusaha untuk tidak merugi, yaitu dengan menjadikan hari ini lebih baik dari kemarin, dan seterusnya. Mereka juga menyadari bahwa untuk menjadi lebih baik tersebut, mereka harus banyak melakukan introspeksi kepada diri mereka sendiri, sesuai yang telah dituntunkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam (SAW). Diriwayatkan dari Umar Bin Al-Khaththab, beliau SAW bersabda, “Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak) (HR. Tirmidzi).

Hijabers, kita manusia adalah makhluk yang lemah. Iman kita sering kali naik tapi tak jarang juga menurun. Kita juga sering kali memiliki pendirian dan sikap yang berubah-ubah. Namun, betapa beruntungnya mereka yang dinaungi ajaran oleh rahmat Allah dengan mau mengevaluasi diri sehingga mampu melakukan sesuatu yang diridhai Allah dengan lebih baik di hari-hari selanjutnya. Karena itu marilah kita jujur kepada diri kita sendiri, dan merenungkan sejenak apa-apa saja kekurangan yang telah kita lakukan dan perlu kita perbaiki, sehingga kesalahan tersebut tidak lagi membuat puasa Ramadhan kita di tahun depan nanti terasa ada yang kurang seperti di tahun ini. Dan semoga Allah memudahkan dan melembutkan hati kita untuk mau dan mampu melakukan semua itu agar kita senantiasa menjadi manusia yang lebih baik. Aamiin.



RELATED ARTICLE