Amalan Sunnah Penghapus Dosa | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Amalan Sunnah Penghapus Dosa

671 kali dilihat

Kadang, banyak dari kita yang merasa cukup hanya dengan ibadah wajib saja. Entah karena rasa malas, atau alasan yang lain, akhirnya kita enggan menambah pundi-pundi pahala kita. Sebenarnya, setiap saat kita berbuat dosa dan salah. Entah itu kita sadari atau tidak namun berbagai kelemahan dan kekurangan kita sebagai manusia, mungkin saja akan menambah daftar dosa bagi kita kelak di akhirat nanti. Dan seharusnya melaksanakan ibadah sunnah sangat berguna bagi kita. Tidak hanya sebagai penyempurna ibadah wajib kita saja, namun ibadah sunnah juga memiliki demikian banyak manfaat bagi diri kita.


Allah berfirman di dalam Al-Quran,

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS. Hud: 114)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun juga telah menasihati kita,

“Bertakwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, ikutilah perbuatan yang buruk dengan perbuatan yang baik niscaya perbuatan yang baik tersebut akan menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan budi pekerti yang mulia.” (HR.Ahmad, at-Tirmidzi)

Hijabers, setiap saat kita tidak pernah terlepas dari berbuat perbuatan yang buruk, karena itu untuk dapat menghapuskan perbuatan buruk tersebut lebih baiknya kita memperbanyak amal shalih yang berupa amalan-amalan sunnah. Karena semakin banyak kita melakukan amalan sunnah maka semakin banyak pula tabungan yang kita siapkan untuk menghapus amalan-amalan buruk kita, bukan?

Amalan sunnah juga sangat berguna agar kita lebih dicintai Allah. Dan terkait dengan hal itu, Imam Bukhari telah meriwayatkan,

Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan yang lebih aku cintai dari pada amalan yang Aku wajibkan atasnya, dan hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

Hijabers, bukankah dicintai Allah adalah titik puncak tujuan ibadah kita? Dan tidak ada kemuliaan yang lebih mulia bagi kita selain menjadi hamba yang dicintai Allah? Karena itu sebagai seorang hamba, kenapa tidak belajar untuk lebih memperbanyak amalan sunnah kita?

Selain itu, amalan sunnah yang kita lakukan juga akan melengkapi dan menyempurnakan kekurangan yang ada pada amalan wajib. Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya amalan seorang hamba yang pertama kali akan diperhitungkan pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila salatnya baik maka sungguh ia telah beruntung dan sukses. Namun apabila salatnya rusak maka sungguh ia telah gagal dan merugi. Apabila amalan wajibnya ada yang kurang maka Rabb azza wa jalla berfirman: Perhatikanlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah, untuk menyempurnakan amalan wajib yang kurang, kemudian seluruh amalannya diperhitungkan seperti itu.” (HR. Tirmidzi)

Hijabers, hidup kita hanya sekali. Mari kita belajar untuk menguntungkan diri sendiri dengan banyak memperbanyak ibadah. Karena hakekatnya kita tidak hidup abadi di dunia ini, tapi adalah di akhirat nanti. Jangan sampai kesempatan yang hanya sekalinya ini, kita kurang mempersiapkan dengan baik, dan hanya fokus pada ibadah wajib kita saja, dan atau malah mengutamakan ibadah sunnah saja.

Kita sangat membutuhkan keduanya untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dan mendatangkan kecintaan dari-Nya. Semoga Allah Ta’ala memberikan kemudahan bagi kita, Dan Semoga Allah memberikan taufiq-Nya kepada kita untuk memperbanyak ibadah wajib dan sunnah tersebut hingga akhir hidup kita nanti. Aamiin.




Writer : Ratna P Sari

Editor  BL



RELATED ARTICLE