Amalan yang Akan Diterima Oleh Allah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Amalan yang Akan Diterima Oleh Allah

380 kali dilihat

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Hanya Dia-lah yang patut diibadahi dan diagungkan. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hinga akhir zaman.

Hijabers, kita sebagai manusia diciptakan Allah sebenarnya hanya demi satu tujuan, yaitu untuk beribadah kepadaNya. Hal ini selaras dengan firman Allah di dalam Al Quran surat Adz Dzariyat ayat 56, (yang artinya), “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah (mengabdi) kepada-Ku”. Memang ada banyak cara untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah tersebut. Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa ibadah kita tersebut harus terpenuhi dalam dua syarat agar dapat diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Yang pertama yaitu Ikhlas hanya karena Allah dan yang kedua adalah mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jika hanya salah satu syarat saja yang terpenuhi, maka amalan ibadah kita pun akan tertolak.

Allah Ta’ala telah berfirman, (yang artinya), Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.(QS. Al Kahfi: 110).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga telah berpesan, (yang artinya), Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.(Hr. Bukhari dan Muslim).

Hijabers, ikhlas hanya karena Allah memang tidak mudah, namun justru karena itulah iman kita teruji. Karena ketika kita bisa ikhlas hanya karena Allah, maka akan tergambar dengan jelas kualitas diri dan iman kita seperti apa. Ketika kita bisa ikhlas karena Allah, kitapun InshaAllah akan memperoleh kemuliaan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dan mengikuti dan mempraktekkan sunnah Rasul juga bukan merupakan perkara gampang. Apalagi dijaman sekarang dimana banyak muncul berbagai macam amalan tanpa tuntunan atau bid’ah di sekitar kita. Namun itulah namanya ujian. Hanya orang- orang yang berhati bersih, dan ikhlas serta bersungguh-sungguh berjuang demi menjadi lebih baik dijalan Allah lah yang InshaAllah akan berhasil.

Allah akan “menghadiahkan” surga kelak bagi mereka yang mau berjuang dan bersungguh-sungguh dalam beribadah dan memelihara iman mereka. Janji Allah tersebut adalah yang paling benar. Dia tidak pernah sekalipun mengingkari janjiNya kepada para hamba-hambanya. Dan sekali-kali tidaklah ada kehidupan yang lebih membahagiakan selain akhir hidup kita disurga Allah tersebut. Semoga kita termasuk golongan orang- orang yang bersungguh-sungguh ingin meraih keridhoan Allah, serta menjaga kemurnian niat ibadah kita, agar kita senantiasa menjadi manusia yang lebih baik. Aamiin.



RELATED ARTICLE