Andai Gue Jadi Dia | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Andai Gue Jadi Dia

308 kali dilihat

Tiap manusia itu unik. Dan tiap mereka juga berbeda. Bahkan nggak ada satu sidik jaripun manusia di dunia ini yang sama. Padahal bermilyar-milyar manusia hidup di dunia ini. Itulah salah satu bentuk dari kekuasaan Allah Ta’ala.

Satu manusia dan manusia yang lainnya juga punya peran masing-masing. Dari mulai yang dianggap sepele sampai yang dinilai penting pun ada di dunia ini. Dan nggak ada satupun manusia itu yang bisa hidup dalam kehidupan orang lain. Walaupun mereka menganggap kalau kehidupan orang lain itu jauh lebih menarik bagi dia, dari pada kehidupannya sendiri.

Seperti saat kita jadi petani, kita pernah mikir “ah enak kali ya jadi direktur. Kerjaannya di kantor, gajinya gede, selalu pakai pakaian bersih, pakai AC, pakai mobil, nggak perlu kena lumpur bla... bla.. bla...”. Padahal si direktur sendiri mungkin berpikir “Ah enak kali’ jadi petani. Nggak ribet ngurus karyawan, nggak harus pulang malam-malam terus, hidup bisa lebih santai dan tenang, bla...bla...bla..”

Ya gitu deh kawan, kita kadang memang gampang tergoda dengan kehidupan orang lain yang sekilas kelihatan lebih asik. Padahal kalau kita menjalani seperti apa yang mereka jalani, belum tentu kita juga akan menilai semuanya ternyata asik.

Selain itu kita juga gampang berkomentar tentang kehidupan orang lain yang mungkin menurut kita kurang asik. Kita jadiin semua itu bahan buat gosip dan obrolan sama orang lain. Padahal kalau kita sendiri menjalani kehidupan sebagai orang tersebut, belum tentu kita juga akan lebih mampu, dan lebih baik dari pada dia.  

Jadi, lebih baiknya memang kita harus fokus pada peran masing-masing saja. Kita lakukan yang terbaik apapun kerjaan dan urusan kita masing-masing. Dan kalau kita menjumpai ternyata ada sisi orang lain yang kelihatan kurang asik dalam pandangan kita, sebisa mungkin aja kita tutupi aibnya, atau minimal kita doakan agar Allah menjadikan dia lebih baik. Karena jika hal yang sama terjadi kepada kita bukankah kita juga ingin diperlakukan sama seperti itu, kan?

Kita sebagai muslimah, jangan sampai berkhayal untuk hidup jadi orang lain, walaupun kehidupannya kelihatannya lebih asik dari pada hidup kita. Karena Allah udah yang paling Maha tahu apa yang pas buat kita para HambaNya. Gampang silau dengan kehidupan orang lain, hanya akan menjadikan kita lupa buat bersyukur, dan malah menjadikan kita “lupa daratan”.

Jangan juga kita gampang nyinyir dan komen atas kehidupan orang lain yang mungkin kelihatan minus di mata kita. Dia mungkin sedang “diproses” oleh Allah untuk jadi lebih baik kedepannya. Dan siapa yang bisa menebak, kalau mungkin suatu hari kelak dia justru akan menjadi orang yang lebih baik dari diri kita ini. Bukan begitu, bukan?

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE