Asyiknya Belanja di Akhir Tahun, Tapi ... | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Asyiknya Belanja di Akhir Tahun, Tapi ...

285 kali dilihat

Akhirnya, kita sampai di bulan terakhir tahun ini. Dan seperti biasa, momen- momen ini bakal ditunggu khususnya buat para cewek-cewek. Gimana nggak, sale-sale merajalela hadir di mana-mana buat memuaskan mereka yang punya kepengenan buat belanja. Udah potongan harganya kadang nggak masuk akal, barangnya pun manis-manis buat dilihat. Duuh, mupeng banget kan jadi pengen beli-beli?. Yang asik sih kalau ada dana cukup buat ngedukung hasrat belanja kita, pemirsa. Nah kalau nggak, ya cukup aja kita berdoa “Ya Allah lindungilah kami dari sale-sale terkutuk di akhir tahun, sesungguhnya aku hanya manusia biasa” Hee... #bercandading

Sah-sah aja kok kawan, kalau kita mau belanja apapun. Uang-uang kita juga kan? Nggak ada yang bisa larang-larang kita. Tapi Allah kasih rambu-rambu ke kita tentang cara belanja kita. Dan tahu nggak sih, yang begini emang kudu kita patuhin. Secara, semua rejeki itu memang kita yang mengusahakan, tapi tetap aja yang kasih semua rejeki itu adalah Allah.

Dan Allah Ta’ala telah memperingatkan kita di dalam firmanNya yang tertulis di Al Quran, (yang artinya), “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isra’: 26-27).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga bersabda, (yang artinya),  

“Sesungguhnya Allah meridhai tiga hal bagi kalian dan murka apabila kalian melakukan tiga hal. Allah ridha jika kalian menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan (Allah ridla) jika kalian berpegang pada tali Allah seluruhnya dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murka jika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta membuang-buang harta.” (HR. Muslim)

Jadi boleh-boleh aja kita belanja memenuhi kebutuhan kita, tapi jangan sampai kita berboros-boros ria dengan uang kita. Contoh nih, membeli barang yang nggak berguna juga buat kita, tapi kita beli hanya karena sekedar alasan "ih lucu", atau karena kepengen aja. Sebagai muslimah, kita memang harus beda dan membedakan diri dengan para wanita kebanyakan. Apapun yang seorang muslimah lakukan harus bernilai ibadah kepada Allah Ta’ala, dan bukan sekedar having fun nya kita- kita aja. Agar apa yang kita lakukan selalu dekat dengan Ridho Allah dan penuh berkah dari Allah. Kalau nggak, ajang belanja hanya akan sekedar jadi pelampiasan hawa nafsu yang nggak ada habisnya. Bukan begitu, bukan?   

 

(NayMa)

 

 

 



RELATED ARTICLE