Belajar Lebih Tahu Diri | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Belajar Lebih Tahu Diri

293 kali dilihat

Siapa yang sangka kadang ternyata diri kita sendiri ini justru bisa menjadi musuh yang hebat bagi diri kita sendiri. Terbukti, kita bisa menyesal untuk sebuah kelakuan yang kita lakukan di masa lalu kita. Dan hal tersebut juga membuktikan kalau kita ternyata juga nggak banyak tahu tentang diri kita sedalam-dalamnya. Hanya Allah yang Maha segalanya bahkan yang tidak kita sekalipun pengetahuannya.

Karena itu pelajaran buat tahu diri atau kenal diri sendiri dan tahu kelemahan diri kita adalah sangat penting buat kita lakukan. Secara, kalau nggak maka kitapun akan jadi bulan-bulanan diri kita sendiri. Dan sayangnya di akhir episode, nantinya yang akan menyesal dan merasakan sedih serta sakitnya juga adalah diri kita sendiri.

Dengan tahu kelemahan diri kita, maka kita akan tahu cara mendidik diri kita agar bisa tetap pas di rel yang benar. Dan dengan tahu kelebihan kita, maka kita bisa “memberdayakan” diri kita agar lebih berkualitas dari hari ke hari.

Jadi jangan ragu untuk belajar legowo dalam mengakui kesalahan dan banyak bersyukur atas segala kelebihan kita ada Allah. Karena apabila kita mau mengakui kesalahan maka kita akan dengan tangan terbuka dan pikiran yang waras untuk memperbaiki kesalahan itu, sedangkan apabila kita banyak syukur maka kita akan terhindar dari segala kesombongan atas segala kelebihan itu.

Kawan, orang yang fokus hanya pada egonya sendiri, entah itu dalam keadaan dia salah atau nggak, maka dia nggak akan mendapatkan kemajuan dalam hidupnya. Kualitas dirinyapun juga akan tetap begitu-begitu saja. Karena ketika dia salah dia tetap akan merasa benar sehingga kesalahannya nggak terperbaiki, dan ketika dia melakukan kebaikan maka dia akan dengan cepat merasa sombong. Sehingga akhirnya kebaikan itu jadi nggak berkah karena sikap minusnya itu.

Maka sepertinya nggak ada pilihan lain bagi kita jika kita pengen buat maju, selain kita belajar dengan baik tentang diri kita sendiri dulu, serta melepaskan ego yang kita punya dulu. Kenali dulu segala tentang kelemahan dan kelebihan diri kita sendiri, agar kita komunikasinya dengan diri kita juga berjalan dengan asyik. Selanjutnya, jika komunikasi dengan diri kita sudah asyik, lancar dan sehat, maka kita akan lebih mudah buat mengkompromikan banyak hal dalam berbagai situasi, termasuk situasi yang tersulit sekalipun.

Jikapun hal itu ternyata susah buat kita lakukan, maka ada baiknya banget kalau kita minta bantuan Allah, Dzat yang Maha mengetahui tentang diri kita sendiri berikut kelemahan dan kelebihan kita dengan sangat detail. Konsultasikan banyak-banyak tentang diri kita kepadaNya, InshaAllah dengan itu kita bisa mendapatkan petunjuk tentang bagaimana harus menata diri dan bersikap dengan baik, dan yang pasti dengan sikap yang nantinya bisa membaikkan diri kita di masa depan. InshaAllah

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE