Bergaul dengan Cara Islami? Ini Dia Etika Pergaulan Remaja Muslim di Era Kekinian | DiaryHijaber.com

Writer : Laurensia Octavia Editor : ISR

Bergaul dengan Cara Islami? Ini Dia Etika Pergaulan Remaja Muslim di Era Kekinian

223 kali dilihat

Dalam era remaja kekinian dan millennials sekarang atau kita sering menyebutnya dengan istilah ‘kids jaman now’, ada banyak sekali pengaruh teknologi, media sosial serta beberapa pengaruh tayangan televisi yang lebih kurang mengamalkan nilai-nilai yang diajarkan sedari kecil. Apalagi sekarang mudahnya akses internet untuk mengakses berita ataupun tontonan yang justru kurang layak dikonsumsi oleh remaja.

 

dream.co.id

dream.co.id

 

Di dalam keseharian hidup sebagai remaja Islam, ada banyak tata cara serta etika bergaul sosial dengan teman pada umumnya. Bagaimana ajaran Allah yang tertuang dalam firman-Nya di dalam Al Quran dan juga kisah hidup nabi dalam bergaul dengan teman? Teman dalam hal ini memang diartikan sebagai teman sebaya. Namun, agar hidup pergaulan kamu layak seperti pergaulan Islam pada umumnya, ada beberapa tata cara bergaul dengan teman sebaya yang perlu diperhatikan:

 

Pergaulan dengan Teman Sebaya

Teman sebaya adalah teman yang sepantaran memiliki usia yang tidak terpaut jauh dengan kita baik sama maupun lebih muda. Senantiasa dalam bergaul dengan teman sebaya kita pun harus selalu berbuat baik dan mengutamakan akhlak yang mulia. Walaupun sepantara, biasanya kita cenderung justru berlaku tidak sopan ataupun malah merendahkan. Ada beberapa sikap yang harus selalu kita jaga untuk menjaga pergaulan remaja secara Islami:

 

  • Tetap selalu mengucapkan salam setiap bertemu dengan teman sebaya dan sesama Muslim. Jika orang tersebut memiliki jenis kelamin yang sama seperti kita, kita pun dapat berjabat tangan dengannya. Dengan mengucapkan salam, kamu pun sudah menunaikan hukum sunnah bagi umat Islam.
  • Selalu menyambung tali silaturahmi dengan saling berkunjung dan berkumpul untuk hal-hal positif misalnya pengajian, belajar dan lainnya untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah diantara teman sebaya.
  • Tetap menolong temanmu yang sedang dilanda masalah. Hal ini menjadi salah satu etika untuk bergaul secara Islami karena sebagai teman yang baik kita harus selalu ada untuk mendukung teman yang mengalami kesulitan baik secara moril ataupun materi sebagai rasa bentuk setia kawan.
  • Bersikap sopan, ramah dan manis kepada siapapun yang dijumpainya. Senyum adalah rona wajah yang menarik dan disukai siapa saja yang melihatnya karena itu menandakan bahwa kamu memiliki sikap ramah, tersenyum dan hangat. Dengan selalu bersikap sesuai dengan yang disebutkan, maka kamu juga menunjukkan etika pergaulan yang Islami. Sopan juga menunjukkan bahasa fisik dan tutur kata yang lembut tanpa kata-kata kasar.

 

Adapun Dalil sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :

"Barangsiapa yang menolak untuk mengaibkan kehormatan saudaranya, maka penolakannya itu menjadi pelindung dari api neraka.” (HR. Turmidi).

 

Pergaulan dengan Lawan Jenis

Ini dia hal yang perlu diperhatikan di jaman sekarang ini adalah pergaulan dengan lawan jenis dengan etika pergaulan Islami. Secara Islam, pola hubungan antara pria dan wanita juga dipisahkan sesuai dengan syariat yang berlaku. Kita tahu bahwa pergaulan dengan lawan jenis terkadang cukup menimbulkan kontroversi. Namun, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dalam etika pergaulan remaja Islami seperti:

 

  • Tetap menutup aurat dan menjaga diri ketika bertemu dengan lawan jenismu sebagaimana telah disebutkan dalam hadits.
  • Ketika pergi usahakan untuk tidak berdua-duaan agar menghindari terjadinya hal-hal yang bertentangan seperti berzina dan  etika pergaulan remaja Islam.
  • Hindari memandang lawan jenis dengan nafsu. Ada baiknya untuk tetap menjaga etika pergaulan secara Islam, hindari memandang lawan jenis jika tidak penting.

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE