Bergaya Tomboy Menurut Sudut Pandang Islam | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Bergaya Tomboy Menurut Sudut Pandang Islam

748 kali dilihat

Aturan yang Allah berikan adalah yang akan memberi kemanfaatan besar bagi diri kita. Kebaikannya tak lekang dimakan waktu dan zaman. Walaupun era berganti dan manusia menyebut diri mereka modern, namun aturan Islam tetap akan murni tanpa revisi dan tetap baku pada nilai kemuliaannya. Hitam dan putih tersampaikan dengan jelas, dan rinci. Semua itu justru menjadi bukti, bahwa Islam bukanlah aturan yang kaku namun justru penuh kepastian dan ketegasan, serta menjadi pembeda antara baik dan buruk. Dari sinilah akhirnya kita tahu bahwa memang hanya Islam lah aturan yang paling pas, indah dan mendamaikan bagi kehidupan manusia.

Hijabers, salah satu aturan itu adalah tentang cara berpakaian seorang muslimah. Dari dulu hingga sekarang, Islam memerintahkan para muslimah untuk menutup auratnya. Dan kriteria penutup aurat itu telah jelas pula disampaikan oleh Rasulullah SAW. Pakaian itu juga harus terbedakan dengan laki-laki. Hikmahnya, karena selain untuk memperjelas identitas para muslimah, aturan tersebut juga untuk memulyakan, melindungi, serta mengangkat derajat para muslimah itu sendiri. Dan tidak hanya urusan berpakaian saja, dalam cara berperilaku, sifat serta keseharian, Islam menekankan wanita memang sudah seharusnya bersikap seperti wanita.

Sekali lagi, ini bukan aturan yang kaku, namun tegas untuk menempatkan wanita selalu pada tempatnya yang tinggi. Karena seperti kita tahu, semakin jaman berubah, pola pikir dan gaya manusia dalam hidup juga makin berubah. Jika aturan pun berubah-ubah, maka justru manusia tersebut yang akan dibuat bingung dan tak tentu arah lagi.

Maka berkait dengan hal tersebut, Allah dan Rasulnya dengan tegas melaknat siapapun wanita yang dengan sengaja menyerupai lawan jenisnya. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah SAW bersabda, (yang artinya), “Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari).

Wanita bukanlah pria, dan mereka tidak perlu tampil menjadi pria atau memiliki kemiripan dengan pria dalam keseharian mereka, agar terlihat lebih kuat. Mereka bisa lebih kuat, pun dari pada pria, namun dengan porsi, tempat dan cara yang tersendiri. Allah sangat Maha mengerti tentang hal itu. Allah sudah memiliki aturan tersendiri tentang hal itu, serta mengaturnya dengan sangat detail dan indah. Sehingga, wanita akan terangkat derajatnya dan memiliki kehormatan yang tinggi. Dan bukankah memang hal seperti ini yang selalu diinginkan oleh para wanita?

Hijabers, jika ketika kita menyakini bahwa Allah adalah satu-satunya tuhan kita, dan Islam adalah agama yang benar dan lurus, maka kita akan menerima semua aturannya tanpa tapi dan tanpa nanti. Termasuk ketika sebuah nasehat kebaikan disampaikan, apalagi oleh Rasul kita yang mulia. Bahkan Allah Ta’ala telah berfirman di dalam Al Quran, (yang artinya), “Maka berilah peringatan, karena peringatan itu bermanfaat, akan diingat oleh orang-orang yang takut dan akan dijauhi oleh orang yang celaka.” (QS. al-A’la: 9-11). Semoga dengan ijin Allah, nasehat dan sabda kebaikan yang tersampaikan tersebut akan berguna khususnya bagi penulis sendiri dan semua pembaca muslimah yang dirahmati Allah. Aamiin.



RELATED ARTICLE