Berhati-Hatilah Dengan Sum'ah! | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Berhati-Hatilah Dengan Sum'ah!

99 kali dilihat

Sebagai manusia kita butuh yang namanya dihargai dan di hormati. Karena itu kadang ada dari kita yang dengan rela mengejar sebuah status dan atau melakukan banyak aksi sehingga orang-orang disekitarnya bisa lebih menghargai kita. Nggak hanya itu saja, sebagian kita yang lain ada yang memperdengarkan apa-apa yang telah dilakukannya dengan harapan bahwa dengan hal itu mereka akan mendapat ujian sebagai imbal balik dari berbagai kebaikan yang telah mereka lakukan.

Perbuatan seperti ini disebut dengan sum’ah. Dan perlu kita tahu kawan bahwa ternyata mungkin hal yang seperti ini adalah kecil menurut kita, tapi ternyata tidak dihadapan Allah.

Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian... (Qs. Al Baqarah: 264)

Kawan, dalam ayat diatas Allah memperingatkan kita yang telah bersedekah agar tidak berkoar koar kiri kanan agar orang lain tahu bahwa kita telah bersedekah. Hal ini bisa berakibat hilangnya pahala kita tersebut. 

Selain itu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam juga bersabda, (yang artinya), "Siapa yang berlaku sum’ah maka akan diperlakukan dengan sum’ah oleh Allah dan siapa yang berlaku riya maka akan dibalas dengan riya" (HR. Bukhari)

Penjelasan hadits diatas yaitu barang siapa yang berlaku sum'ah di dunia maka akan diperlakukan dengan sum’ah oleh Allah maksudnya adalah diumumkan aib-aibnya di akhirat.

Astaghfirullahal’adhim...

Kawan, orang yang melakukan sum’ah secara tidak langsung diragukan keikhlasannya karena tujuan sebenarnya dari yang dia lakukan adalah pujian dan keridhoan manusia. Baginya lebih penting tampil wah dihadapan manusia dari ada mendapatkan keridhoan Allah Ta’ala. Tapi sungguh, sebenarnya dia sedang sangat merugi. Dia banyak tidak sadar bahwa perkataannya yang mungkin dikatakannya dengan ringan,  akhirnya malah menghapus pahala kebaikan yang telah kita lakukan dengan sangat susah.

Dan bayangkan nanti bagaimana akhirnya ketika kita di hari pertanggungjawaban kita harus menerima buku catatan amal yang kita kira bakal terkumpul banyak pahala kita, tapi ternyata semua itu telah terhapus disebabkan kontrol lidah kita yang sudah nggak ada? Bayangkan betapa sedih dan ruginya diri kita sendiri nanti. belum lagi ketika kita berbuat sum'ah di dunia maka nantinya akan dibalas hal yang serupa juga oleh Allah di akhirat. 

Maka dari itu, ayo kita jangan pernah lelah untuk memohon semoga Allah memberikan kita hidayah agar kita benar-benar sadar bahwa sum’ah adalah sangat membahayakan bagi kita. Semoga Allah melindungi kita dari perbuatan yang satu ini yang dapat membawa kita ada kerugian karena amblasnya nilai pahala kita. Semoga Allah senantiasa menjaga kita karena tanpa kuasaNya bahkan kita tidak akan bisa mngkontrol diri kita sendiri dan menjauhkan diri dari perbuatan sum’ah. Aamiin.

 

(NayMa)



RELATED ARTICLE