Berkasih Sayang Dengan Hewan | DiaryHijaber.com

Writer : NayMa Editor : NayMa

Berkasih Sayang Dengan Hewan

272 kali dilihat

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah dimuka bumi ini. Dan manusia hidup berdampingan dengan banyak makhluk Allah yang lainnya, seperti binatang, tumbuhan dan lain sebagainya. Tapi manusia tidak lantas bisa berbuat sewenang-wenang kepada mereka. Karena ada Allah sang Maha Segala, dan Penguasa Semesta. Jika manusia melanggar aturan itu, maka hukuman akan berlaku baginya.

Salah satunya adalah larangan bagi manusia untuk berbuat tidak baik kepada para hewan. Dan Islam sangat perduli tentang hal ini. Larangan itu berlaku dalam bentuk apapun. Entah itu membuatnya kelaparan, memukulinya, membebaninya dengan sesuatu yang ia tidak mampu, menyiksa atau membakarnnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

"Seorang wanita masuk neraka karena seekor kucing yang ia kurung hingga mati. Maka dari itu ia masuk neraka gara-gara kucing tersebut disebabkan dia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum di saat mengurung nya, dan dia tidak membiarkannya (melepaskannya) supaya memakan serangga di bumi." (HR. Bukhari)

Perlakuan yang baik juga dianjurkan ketika ingin melakukan penyembelihan pada hewan tersebut. Islam mengajarkan untuk tidak menyiksa binatang tersebut sehingga kita dianjurkan untuk menggunakan pisau yang tajam, agar mempercepat penyembelihan dan tidak menyiksanya. selain itu kita diajarkan juga untuk tidak membunuh hewan dengan cara mengikat hewan tersebut lalu kita panah sampai mati.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas r.a, ia berkata, Rasulullah pernah melintas pada seseorang yang sedang meletakkan kakinya di atas badan hewan yang mau disembelih sementara ia sedang mengasah pisaunya dan hewan itu sendiri melihat apa yang dilakukan laki-laki itu. Lalu beliau bersabda,

"Mengapa engkau tidak asah pisaumu sebelumnya. Apakah kamu hendak mematikannya dua kali?" (HR. al-Baihaqi).

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah jadikan hewan yang bernyawa itu sebagai sasaran (tembak atau panah).”  (HR. Muslim)

Kawan, Islam adalah agama yang benar-benar mengajarkan kasih sayang, bahkan tidak hanya sesama manusia tapi juga kepada hewan. Tidak terkecuali. Bahkan pada yang terkecil sekalipun, seperti semut contohnya.

Rasul dahulu juga pernah melewati sebuah sarang semut yang telah dibakar, beliau bersabda, "Sesungguhnya tidak ada yang berhak menyiksa dengan api selain Rabb (Tuhan) pemilik api." (HR. Abu Dawud)

Bahkan beliau sangat perduli dan perhatian sekali pada hewan sekecil itu. Maka dari itu kawan, sudah menjadi kewajiban bagi kita para muslimah agar juga berkasih sayang pada semua makhluk hidup ciptaan Allah di dunia ini. Sebagai bentuk mencontoh teladan kita yaitu Rasulullah yang telah memberikan ajaran yang sangat mulia.

Kita yang beriman, maka pasti akan bekasih sayang. Maka dari itu jika sekarang tingkah laku kita masih diragukan kebaikannya alias kita masih jahat dalam memperlakukan para hewan, maka sebenarnya patut dipertanyakan juga keseriusan iman kita kepada Allah. Kita serius beriman, atau hanya sekedar lipsing alias ucapan bibir saja. Semua jawaban akhirnya kembali pada diri kita sendiri.

 

(NayMa)

 

 

 



RELATED ARTICLE