Bernyanyi- Nyanyi Di Kamar mandi | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Bernyanyi- Nyanyi Di Kamar mandi

398 kali dilihat

Kamar mandi, adalah tempat yang akrab dengan keseharian kita. Banyak dari kita mungkin yang menghabiskan waktu disana, sekedar untuk menyegarkan badan. Namun tak jarang juga, aktivitas mandi itupun kadang kita selingi dengan melakukan sesuatu yang bisa menghibur diri kita sendiri, seperti menyanyi ataupun sambil mendengarkan musik.

 

Tapi tahukah kita kawan, bahwa kegiatan bernyanyi- nyanyi di kamar mandi tersebut sebenarnya sangat dilarang oleh Allah Ta’ala? Hal ini telah dikabarkan lewat lisan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam’ bersabda, ”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesungguhnya Allah murka akan hal itu.”

 

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya”

 

Syaikh Abu Malik mengatakan, “Sudah kita ketahui bahwa menjawab salam itu wajib. Ketika buang hajat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggalkannya, maka ini menunjukkan diharamkannya berbicara ketika itu, lebih-lebih lagi jika dalam pembicaraan itu mengandung dzikir pada Allah Ta’ala. Akan tetapi, jika seseorang berbicara karena ada suatu kebutuhan yang mesti dilakukan ketika itu, seperti ingin meminta air dan semacamnya, maka dibolehkan saat itu karena alasan darurat. Wallahu a’lam.”

 

Hijabers, setan sangat suka sekali berada di kamar mandi. Karena itu kita di harapkan membaca doa ketika akan masuk dan keluar dari kamar mandi, agar kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Subhanahu Wata’ala.

 

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini didiami (oleh para setan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi, ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.” (Hr. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim)

 

Dan bila kita sudah tahu bersama tentang semua adab- adab dikamar mandi tersebut, maka tidak pantaslah bagi kita jika kita malah terlalu asyik berlama- lama di kamar mandi, apalagi sampai melakukan aktivitas bernyanyi- nyanyi.

 

Karena itu, mari kita membiasakan diri kita untuk beraktivitas di kamar mandi sesuai dengan adab-adab yang telah Rasul ajarkan kepada kita. Agar semua aktivitas kita tersebut bernilai ibadah di hadapan Allah ta’ala dan bukan malah mengundang murkaNya kepada diri kita.

 


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE