Bersungguh- Sungguh Dalam Taubat | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Bersungguh- Sungguh Dalam Taubat

428 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) Semua manusia pasti pernah berbuat salah. Ada yang melakukan secara sengaja, maupun tidak disengaja. Ada yang akhirnya menyesal namun juga ada yang biasa- biasa saja. Bagi mereka yang merasa menyesal dan ingin kembali kejalan Allah, mereka akan melakukan taubat dengan harapan Allah akan mengampuni dosa dan kesalahan mereka, serta menggantinya dengan kebaikan dan kedamaian hidup.

 

Dan Allah yang maha pengasih dan penyayang, sangat menyukai pertaubatan hamba- hambanya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sungguh Allah lebih bergembira dengan sebab taubat seorang hamba-Nya ketika ia mau bertaubat kepada-Nya daripada kegembiraan seseorang dari kalian yang menaiki hewan tunggangannya di padang luas lalu hewan itu terlepas dan membawa pergi bekal makanan dan minumannya sehingga ia pun berputus asa lalu mendatangi sebatang pohon dan bersandar di bawah naungannya dalam keadaan berputus asa akibat kehilangan hewan tersebut, dalam keadaan seperti itu tiba-tiba hewan itu sudah kembali berada di sisinya maka diambilnya tali kekangnya kemudian mengucapkan karena saking gembiranya, ‘Ya Allah, Engkaulah hambaku dan akulah tuhanmu’, dia salah berucap karena terlalu gembira.” (HR. Muslim)

 

Hijabers, Allah sangat sayang kepada kita. Dan jika Allah telah memberikan hidayah kepada hati kita untuk menyadari segala kesalahan, maka segera sambutlah. Syukurilah dan lanjutilah dengan taubat yang sungguh- sungguh, agar kita menjadi manusia yang beruntung, lebih baik, lebih mulia serta selamat dari azab neraka. Seperti yang tertulis di dalam Al Quran, (yang artinya), “Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat, dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi” (At Taubah : 74)

“Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (An Nuur : 31)

 

Jangan pernah putus asa dalam taubat kita. Yakinlah bahwa dosa- dosa kita akan diampuni selama kita serius dalam keinginan menjadi lebih baik. Yang penting kita benar- benar menyesal, lalu istiqomah dalam kebaikan dan takwa. Allah tidak akan pernah menyia- nyiakan air matanya hambanya. Apalagi bagi mereka yang ingin belajar ikhlas untuk kembali ke jalan Allah Ta’ala.

 

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman, Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi)

 



RELATED ARTICLE