Bersyukurlah, Maka Nikmat Kita Akan Bertambah | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna. P. Sari Editor : BL

Bersyukurlah, Maka Nikmat Kita Akan Bertambah

355 kali dilihat

(DiaryHijaber.com) - Nikmat Allah tidak akan pernah habis untuk kita para hambanya. Bahkan jika kita mencoba untuk menghitungnya, niscaya kita tidak akan pernah mampu. Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya) Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

 

Namun sungguh sedikit diantara kita yang mau bersyukur kepada Allah atas semua kenikmatan itu. Manusia banyak yang ingkar dan mereka lalu tidak mau tunduk pada aturan Allah. Mereka juga memilih untuk menurut pada hawa nafsunya sendiri. Hal ini bahkan telah dikabarkan oleh Allah Ta’ala, yang tertulis abadi di dalam Al Quran, Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). (QS. Ibrahim: 34).

 

Padahal Allah telah berjanji bahwa siapapun dari hambanya yang bersyukur, maka semakin ditambah pula nikmat yang akan diberikanNya. Dan Allah adalah juga yang Maha menghargai setiap kebaikan yang dilakukan oleh para hambaNya. Allah Ta’ala berfirman, (yang artinya) “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat" (Ibrahim: 7)

 

Dan salah satu cara kita bersyukur adalah dengan melakukan seperti yang dipesankan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berikut ini, “Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kalian.” (Hr. Al Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Dan Ibnu Majah)

 

Karena itu kawan, jika kita ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik, lebih membahagiakan dan lebih mendamaikan maka kita tidak punya pilihan lain selain memang lebih memperbanyak pula rasa syukur, serta banyak- banyak emperhatikan orang yang lebih rendah dari kita dalam hal akal, nasab, harta, dan nikmat-nikmat lainnya. Sehingga kita tidak akan gampang meremehkan dan menganggap sepele nikmat- nikmat yang telah diberikan oleh Allah, yang sebenarnya bernilai besar untuk kita.

 



RELATED ARTICLE